25 radar bogor

Program Makan Siang dan Susu Gratis Prioritas Utama di Kota Bogor, Aji Jaya Bintara Beri Alasan Ini

aji jaya
Aji Jaya Bintara (tengah) dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama di salah satu cafe Jalan Ahmad Yani, belum lama ini. (Dede Supriadi/Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Program nasional pemberian makan siang gratis dan susu gratis yang digaungkan Prabowo Gibran bakal diaplikasikan di Kota Bogor.

Adapun, hal itu disampaikan Bakal Calon Wali Kota Bogor Aji Jaya Bintara. Menurut dia, makan siang gratis ini akan jadi program prioritas dirinya jika diberikan amanah oleh warga Bogor sebagai wali kota.

Baca Juga : Perdana, Tim ProJaya Bareng Aji Jaya Bintara Luncurkan Program Makan Siang Gratis

Aji Jaya Bintara mengatakan, koherensi dan sinergi pusat dan daerah adalah elemen penting kesuksesan eksekusi, dan implementasi program tersebut.

Menurut dia, pihaknya akan merangkul seluruh rakyat Kota Bogor untuk bersama-sama mensukseskan program prioritas makan siang gratis. Khususnya untuk peningkatan gizi anak dan ibu hamil.

“Program makan siang dan susu gratis akan saya jalankan dari tahun pertama jika rakyat Kota Bogor memberikan mandat. Sebelum puasa lalu, kami sudah lakukan simulasi di 1.000 anak dan ibu hamil Kota Bogor, Alhamdulillah berhasil,” kata Kang Jaya, sapaan karibnya.

Dalam program makan siang dan susu gratis ini, pihaknya menawarkan suatu ekosistem rantai nilai melalui program Ciptani di mana, integrasi e-warung dan e-farming membuat harga yang ditetapkan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna.

“Setelah lebaran, kami akan simulasi lagi sekitar 10.000 anak dan ibu hamil di 6 kecamatan Kota Bogor,” ucap dia.

Lebih lanjut, peran UMKM dalam mendukung Program Makan Siang dan Susu Gratis juga menjadi salah satu kunci keberhasilan implementasi program ini untuk mencapai tujuan menghilangkan stunting dan peningkatan gizi anak.

Untuk itu, Kang Jaya bersama ratusan tim relawan Kang Jaya akan lebih gencar mensosialisasikan program Ciptani di Kota Bogor.

“Program Ciptani berfokus pada kemandirian dan etos kerja UMKM, berbentuk e-warung dan e-farming. Interaksi bisnis dan Integrasi antar mereka menjadikan output lebih efisien, dan masyarakat Kota Bogor dapat menikmati efisiensi itu, khususnya mengantisipasi lonjakan harga komoditas pokok seperti beras akhir-akhir ini,” papar dia.

Baca Juga : Pendatang Baru Ramaikan Bursa Pilwalkot Bogor, Pengamat : Harus Menguasai Panggung

“Kemarin kami sudah berikan modal e-warung sebesar 1 juta per orang di beberapa RT yang kami kunjungi di Kota Bogor, nanti akan tumbuh terus dengan targer per RT 5 e-warung,” imbuh Kang Jaya.

Sebagai tokoh muda berpengalaman di penugasan internasional dan dikenal skala nasional, Aji Jaya Bintara atau Kang Jaya, berkomitmen penuh untuk terus menyapa dan berinteraksi dengan rakyat Kota Bogor.

Menjalankan mini program yang terukur, dan menjadikan rakyat Kota Bogor sebagai subjek pembangunan kota, bukan lagi objek, dalam Transformasi menuju Bogor Emas 2030. (ded)

Reporter : Dede Supriadi

Editor : Ruri Ariatullah