25 radar bogor

Resmikan Sekretariat, Kawani Bogor Ajak Kreatif dan Inovatif

BOGOR-RADAR BOGOR, Paguyuban Kawani Bogor secara resmi menempati kantor barunya di Jalan Paledang, Bogor Tengah, Sabtu (1/4).

Peresmian sekretariat tersebut juga untuk mengenalkan sekumpulan warga Bogor yang menamakan dirinya Kawani atau Kreatif, Aktif, Berwawasan, dan Inovatif.

Baca Juga: Radar Bogor Diganjar jadi Koran Terbaik Tahun 2022

Ketua Umum Kawani Bogor Sendi Fardiansyah mengatakan, kehadiran Kawani berawal dari keresahan anak muda dalam menemukan masalah sosial dan ekonomi yang terjadi di Kota Bogor. Pihaknya pun berkolaborasi untuk menyelesaikan hal-hal tersebut.

“Gedung ini nantinya sebagai pusat kegiatan Kawani dan diharapkan sebagai rumah kreatif. Jadi silakan dimanfaatkan seluas-luasnya. Ini merupakan kolaborasi antara sesepuh dengan anak muda,” kata Sendi.

Nantinya, sekretariat akan dilengkapi dengan pelatihan dan pembekalan keahlian untuk masyarakat dan juga para pelaku UMKM di Kota Bogor.

Kawani Bogor juga mencakup beberapa bidang sosial yakni pendidikan, kesehatan dan lainnya. Sementara, dalam hal pemberdayaan masyarakat, Kawani punya program pengembangan UMKM, pelatihan kepemudaan, hingga menyiapkan kepemimpinan Kota Bogor di masa yang akan datang.

Baca Juga: Jadi Dosen Tamu di IPB, CEO Radar Bogor Group Beberkan Kunci Suksesnya

“Kita akan menyusun program yang kita rasa perlu untuk Kota Bogor. Kita juga ada bidang penyusunan strategi mengenai Kota. Di sana akan digali mengenai isu-isu Kota Bogor, banyak hal selain fokus di pemberdayaan masyarakat dan permasalahan sosial,” beber dia.

Ke depan, pihaknya akan mendeklarasikan Kawani lebih besar dan siap berkolaborasi dengan pemerintah, ormas lain termasuk organisasi kepemudaan yang memiliki niat untuk membangun Kota Bogor.

Meski terbilang baru, Sandi menyebut jumlah keanggotaan Kawani Bogor sudah lebih dari 3,000 anggota yang tergabung.

“Alhamdulilah dalam waktu kurang lebih tiga minggu sudah 3.000 anggota. Kami terus melakukan pendataan dan ini berbasis KTP, terverifikasi setiap yang menjadi anggota Kawani,” tukas dia.

Sementara itu, Sekretaris Umum Kawani Bogor, Mufti Faoqi menambahkan, Kawani Bogor juga akan melahirkan berbagai program sosial kemasyarakatan dan sentuhan di bidang lingkungan hidup.

Baca Juga: Puluhan Angkot di Kota Bogor Kena Tilang, Ini Sebabnya

“Fokus kami adalah mengajak masyarakat agar kreatif dan turut berinovasi dalam berbagai bidang. Sehingga kedepannya diharapkan, perekonomian masyarakat bangkit dan bertahan,” kata mantan Ketua DPRD Kota Bogor itu.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto