25 radar bogor

Lebih dari 40 UMK di Desa Cipelang, Cijeruk Mengikuti Program Pembuatan NIB oleh Mahasiswa KKN Universitas Djuanda Bogor

Lebih dari 40 UMK di Desa Cipelang, Cijeruk Mengikuti Program Pembuatan NIB oleh Mahasiswa KKN Universitas Djuanda Bogor
Lebih dari 40 UMK di Desa Cipelang, Cijeruk Mengikuti Program Pembuatan NIB oleh Mahasiswa KKN Universitas Djuanda Bogor

BOGOR-RADAR BOGORKuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang harus dilaksanakan oleh para mahasiswa Universitas Djuanda Bogor sebagai bentuk wujud nyata pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini mahasiswa dapat mengimplementasikan dan mensinergikan keilmuan yang ditekuninya dengan kehidupan masyarakat, mempelajari kearifan lokal, melatih kepedulian serta norma di masyarakat.

Dimana pada tahun ini, Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) mengadakan kegiatan KKN kurang lebih selama satu bulan yang berlangsung dari tanggal 4 juli hingga tanggal 3 agustus 2022.

Baca juga: Kenali Asal-usul Dibalik Nama Waroeng Uncal, Kuliner Bakso Aci Telaris di Kota Bogor

Pembukaan kegiatan KKN mahasiswa FIPHAL di Desa Cipelang oleh kepala Desa didampingi oleh bapak Amar Ma’ruf, Ir., M.Si selaku dosen pembimbing lapangan.

NIB merupakan suatu program yang dikembangkan oleh bapak presiden Joko Widodo untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang izin usahanya masih terhambat karna kesulitan mendapatkan Surat Keterangan Usaha (SKU). Proses perizinan di bidang usaha mikro dan kecil melalui NIB ini dapat dibuat dengan mudah dan gratis hanya dengan mendaftar dan mengisi data diri pada halaman web oss.go.id. Melalui laman tersebut, pemohon tidak perlu melakukan administrasi yang berbelit-belit.

Baca juga: Achmad Fathoni Apresiasi Warga GAS Perjuangkan Fasos Fasum

Sehubungan dengan hal tersebut, Mahasiswa KKN yang tergabung dalam kelompok 1 & 2 Desa Cipelang mengadakan program Sosialisasi dan Pembuatan NIB pada UMKM di Desa tersebut yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juli 2022. Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 40 UMKM yang tersebar di RW 02 Kp, Cihideung dan dihadiri oleh beberapa ketua RT. Tujuan kegiatan ini adalah membantu para pelaku usaha memperoleh NIB karena masih banyaknya UMKM yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga pelaku UMKM tersebut sulit untuk mendapatkan bantuan dana usaha dari pemerintah.

Dalam pelaksanaan Sosialisasi disampaikan informasi tentang pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB), Manfaat NIB dan data-data yang diperlukan dalam pembuatan NIB bagi pelaku usaha.

Menurut Pak Mimit selaku Ketua RT 03 menyampaikan masyarakat sangat terbantu dengan adanya mahasiswa yang mengadakan kegiatan ini.

Baca juga: Jalan di Citeureup Tiap Hari Macet, Ini Penyebabnya!

“Karena ada salah satu warga saya yang berusaha membuat NIB dari dua bulan lalu dan sampai sekarang belum selesai,” tuturnya.

Windi Permatasari selaku ketua kelompok 1 menanggapi kegiatan NIB ini.

“Alhamdulillah acara sosialisasi dan pembuatan NIB berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini,”ungkapnya.

Setelah pelaksanaan kegiatan ini, Kelompok Mahasiswa KKN Unida berharap pelaku UMKM mengetahui pentingnya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan meningkatnya kesadaran pelaku UMKM yang berada di Desa Cipelang untuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam menjalankan usahanya.”ungkapnya

Penulis: Sintia

Editor: Rany