Kenali Asal-usul Dibalik Nama Waroeng Uncal, Kuliner Bakso Aci Telaris di Kota Bogor

BOGOR–RADAR BOGOR, Waroeng Uncal, menjadi salah satu kuliner bakso di Kota Bogor, yang menyuguhkan rasa khas pedas dan gurihnya. Kuliner satu ini, selalu diburu oleh pelanggan sejak awal berdiri hingga saat ini. Waroeng Uncal berlokasi di Jalan Semeru, Ciomas, Bogor.

Waroeng Uncal dirintis oleh Margaretha Cindya, selaku owner, sejak 2017 lalu. Sebelum berkembang menjadi kedai bakso aci yang laris di Bogor, kedai tersebut hanya menjual aneka durian dan olahan durian medan saja.

Baca juga: Achmad Fathoni Apresiasi Warga GAS Perjuangkan Fasos Fasum

Cindy mengaku, kala itu, bakso aci sedang viral di Garut. Sebagai penggemar bakso aci, ia selalu memesan bakso aci kemasan instan yang dijual melalui online shop.

Karena pada saat itu tidak adanya penjual bakso aci dengan fasilitas makan langsung di tempat, ia berinisiatif mengubah kedai aneka duriannya menjadi kedai bakso aci yang bisa disantap langsung di tempat, dengan tetap menjual olahan durian.

“Dari situ jadi punya ide, dari yang tadinya Waroeng Uncal hanya jualan durian online saja, menjadi kedai bakso aci dan tetap menjual olahan durian,” ucap Cindy.

Baca juga: Jalan di Citeureup Tiap Hari Macet, Ini Penyebabnya!

Nama uncal sendiri, diambil dari kota Bogor yang identik dengan Rusa dan budaya sundanya. Uncal dalam bahasa sunda, bermakna rusa.

“Dulu awalnya mikir, karna di Bogor kan identik sama rusa, ya. Nah, Bogor kan tanah sunda, jadi Uncal itu artinya rusa,” paparnya.

Meskipun Waroeng Uncal sudah lama beroperasi, pengunjung kedai ini tidak pernah sepi. Hal ini dibuktikan dengan antrian pengunjung yang mengular dari bukanya jam operasional warung tersebut. Bahkan tak jarang, pengunjung harus menunggu sambil berdiri untuk menunggu gilirannya dipanggil.

Baca juga: Mayor Inf Kunto Wibisono Pimpin Yonif 315/Garuda

Sejak awal berdiri, menu bakso aci pada kedai ini selalu upgrading dan bertambah banyak. Saat ini, menu Waroeng Uncal terdiri dari aneka varian Bakso Aci sebagai menu utama, seblak, Mie Jebew, aneka olahan durian dan aneka minuman.

Varian bakso aci sendiri, terdiri dari beberapa menu paket, seperti Paket Kalem, Paket Nikmat, Paket Seubeuh Ceker, Paket Wareug, dan masih banyak yang lainnya. Kisaran harganya sangat terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah.

Untuk menu favorit Bakso Aci yang biasa pengunjung pesan, yaitu Paket Nikmat. Paket boci ini berisi 4 baso aci, 1 baso urat, 1 siomay, 2 cuanki lidah, 1cuanki tahu dan pilus cikur.

Waroeng Uncal dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 12.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Penulis: Zulfa/Khonsa/Yuli-KKL

Editor: Rany

Berita Lainnya