25 radar bogor

Hari Pertama PPDB Jenjang SMP di Kota Bogor, Banyak Orang Tua Siswa Kebingungan

Hari Pertama PPDB Jenjang SMP di Kota Bogor, Banyak Orang Tua Siswa Kebingungan
Hari Pertama PPDB Jenjang SMP di Kota Bogor, Banyak Orang Tua Siswa Kebingungan

BOGOR-RADAR BOGOR, Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bogor Tahun 2022 untuk jenjang SMP tahap pertama baru saja dibuka Senin (20/6/2022).

PPDB untuk jenjang SMP tahap pertama tersebut dibuka melalui beberapa jalur, yaitu jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas, jalur Prestasi akademik, dan jalur non akademik.

Namun sayangnya, masih banyak orang tua yang masih awam soal sistem PPDB, sehingga banyak yang kecele saat mendaftar di sekolah favorit.

Baca juga: Optimalisasi Teknologi Digital, BRI Terus Tingkatkan Bisnis Wealth Management

Salah satunya Rici warga Kampung Gudang, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, ia terpaksa harus ke sekolah SD saat hendak mendaftar ke SMPN 7 Bogor. Musababnya, ada persyaratan yang belum dilengkapi.

“Kendalanya SKPJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutla), jadi semacam surat kuasa yang dibuat antara kepala sekolah dan orang tua,” kata Rici.

Baca juga: Usai Cuci Steam, Angkot Terjun ke Sungai di Sukaraja. Satu Luka Berat!

Rici beralasan, surat yang diminta oleh panitia PPDB belum diurus lantaran ia mengejar pendaftaran anaknya melalui jalur afirmasi, atau keluarga miskin.

“Sebenarnya sudah ada informasinya. Tapi saya lupa, saking buru-burunya,” ucapnya.

Selain itu, banyak orang tua calon siswa yang datang mendaftar tidak dikolektif oleh sekolah asal. Sehingga, banyak orang tua yang kebingungan saat mendatangi sekokah favoritnya.

Baca juga: Perbedaan Generasi Lama dan Generasi Baru dalam Menghadapi Berita Hoaks

Saat dikonformasi, Kepala Sekolah SMPN 7 Bogor Euis Nurjanah membenarkan kondisi tersebut masih saja terjadi saat pendaftaran PPDB.

Menurutnya, meski sistem PPDB bukan hal yang pertama, namun banyak juga orang tua yang belum memahami baik tahapan, dan persyaratan wajibnya.

“Seharusnya sudah mndapat informasi, masih ada saja yang tidak bawa syarat dari sekolah asal. Memang kadang-kadang masih ada, tapi semua kita bantu,” ucapnya.

Baca juga: Hiii..Ratusan Ulat Bulu Teror Sekolah di Baranangsiang

Selama tiga hari sejak Senin (20-23/6) pendaftaran tahap pertama PPDB untuk jenjang SMP sudah resmi dibuka.

Untuk tahapan ini, setiap orang tua calon siswa yang hendak mendaftar melalui jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas, jalur Prestasi akademik, dan jalur non akademik, akan diverifikasi.

“Kalau lengkap tinggal cek dokumennya, disamakan, itu saja verifikasinya, karena memang pendaftaran dilakukan di sekolah asal,” imbuhnya.

Baca juga: Wabah PMK Mengancam, Penjual Hewan Kurban di Puncak Sepi

Euis mengaku, bagi orang tua siswa yang mendaftar melalui jalur afirmasi.maka harus menunjukan kartu Indonesia Sehat (KIS), dan programn indonesia pintar (PIP).

“Semisal jalur prestasi, olah raga ada sertivikat dan disini ditest lagi, afirmasi juga kita survey,” tandasnya.(ded)

Editor: Rany