25 radar bogor

Alex Susul Leonard

Dalam hati saya berkata: pun hubungan ayah dan anak sudah demikian retaknya. Memang, setelah bersengketa dengan Pendeta Leonard itu Pendeta Alex juga tidak mendapatkan apa pun yang diinginkan: keseluruhan Gereja Bethany itu. Yang nilai asetnya sudah terbilang triliun rupiah.

Aswin-lah yang kemudian tampil sebagai pihak yang di tengah. Sekaligus menguasainya secara permanen. Ayah-anak ini juga saling gugat ke pengadilan. Juga saling lapor ke polisi. Namun legalitas sudah berada di tangan Aswin.

Aswin pun belum sepenuhnya merasa aman. Sinode Bethany masih terus mempersoalkan eksistensi Aswin. Banyak jemaat yang menginginkan agar Gereja Bethany dikembalikan menjadi milik umat.

Aswin pun mengambil jalan yang tidak terpikirkan oleh siapa pun: Gereja Bethany keluar dari Sinode Bethany! Gereja-gereja Bethany pun lantas masuk ke Sinode Gereja Suara Kebenaran Injil (GSKI).

Dengan langkah itu dimaksudkan: Sinode Bethany tidak bisa lagi mempersoalkan gereja-gereja Bethany. Sudah tidak ada hubungan. Kalau Aswin tidak mengurus jenazah bapaknya, siapa tuan rumah di acara penghormatan terakhir di Adi Jasa itu?

Hanna. Hanna Asti Tanusaputra. Dia putri sulung Alex. Yang sudah lebih banyak tinggal di Makassar atau Malang. Sang putri juga sudah lama keluar dari Bethany. Dia mendirikan gereja sendiri: Gereja YHS. Yang sangat besar di Makassar dan Malang.