Beranda Catatan Dahlan Iskan Alex Susul Leonard

Alex Susul Leonard

TIDAK sakit apa-apa, juga tidak ada tanda apa-apa. Usianya memang sudah 79 tahun. Namun tidak ada yang menyangka Pendeta Abraham Alex Tanusaputra segera meninggal dunia, Kamis malam (6/8).

Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Kristen Kembang Kuning Surabaya Sabtu kemarin. Berarti Pendeta Alex meninggal hanya selisih dua minggu dari meninggalnya Pendeta Leonard Limato. (Baca juga: Pendeta Bethany).

Dua pendeta besar Gereja Bethany ini bertengkar tidak berkesudahan. Saling pecat. Saling gugat ke pengadilan. Saling lapor polisi. Bertahun-tahun.

Pertengkaran sesama pendeta sama sekali tidak baru. Namun pertengkaran di Bethany ini sangatlah seru. Juga paling panjang. Kini pertengkaran itu selesai. Dua minggu lalu, ketika Pendeta Leonard meninggal dunia, saya sudah mengatakan sengketa itu pada akhirnya berakhir.

Dan hari ini sengketa itu selesai dengan tuntas. Asal, mereka tidak meneruskannya di alam kubur. Saya melayat kemarin pagi. Saya hampir saja melayat ke Gereja Bethany Jalan Manyar. Jumat sore lalu.

Saya pikir jenazah beliau pasti disemayamkan di situ. Itulah gereja pertama yang beliau dirikan. Yang kemudian menjadi gereja yang sangat besar.