Beranda Pendidikan Pembelajaran Tatap Muka Diserahkan Kepada Pemerintah Daerah

Pembelajaran Tatap Muka Diserahkan Kepada Pemerintah Daerah

Kemudian, tidak semua orang tua mampu mendampingi anak-anak belajar di rumah dengan optimal. Para peserta didik pun sulit berkonsentrasi saat belajar dari rumah serta meningkatnya rasa jenuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan jiwa.

”Untuk mengantisipasi kendala tersebut, pemerintah mengeluarkan penyesuaian zonasi untuk pembelajaran tatap muka,” papar mantan bos Gojek tersebut.

Namun, pembukaan sekolah sangat bergantung pada orang tua. Wali murid dapat memutuskan apakah anaknya diizinkan mengikuti pembelajaraan tatap muka atau tetap melanjutkan belajar dari rumah.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Jika merujuk pada SKB empat menteri yang disesuaikan itu, tahapan pembelajaran tatap muka satuan pendidikan di zona hijau dan zona kuning dilakukan secara bersamaan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Pertimbangannya, risiko kesehatannya tidak berbeda untuk kelompok umur pada dua jenjang tersebut. Sementara itu, PAUD dapat memulai pembelajaran tatap muka paling cepat dua bulan setelah jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Nadiem mengatakan, Kemendikbud juga menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.