25 radar bogor

Ridwan Kamil Desain Masjid di Samping Danau Lido, Begini Konsepnya

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mencoret sketsaawal untuk rencana pembangunan masjid di Danau Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor, Jumat (31/3). (Radar Bogor/ arif Al Fajar)

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Bangunan berwarna putih itu sudah mulai usang. Catnya mulai mengelupas. Warna putihnya mulai menguning.

Bangunan tua itu berjarak 10 meter di depan Danau Lido. Bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi, Jumat pagi (31/3).

Baca Juga: KEK Lido Diresmikan Jokowi, Ridwan Kamil Desain Masjid di Samping Danau

Rencananya, bangunan tua itu bakal dihancurkan dan diganti dengan bangunan masjid. Bangunan itu pun bakal didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu meninjau salah satu lahan yang akan dibangun masjid di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor itu.

Sembari memegang secarik kertas, mata Kang Emil yang sedikit mengantuk itu menjelajah ke arah Danau Lido. Tak lama, ia duduk di salah satu pintu bangunan tua itu dan meminta bolpoin pada stafnya. “Pulpen, pulpen,” pintanya.

Setelah mendapat dari stafnya, mata mantan Wali Kota Bandung tersebut kembali menjelajah sekeliling. Sesekali, jarinya menunjuk ke arah danau, kemudian mulai mencoret kertas di tangannya. Aktivitas itu dilakukan berulang-ulang hingga sekitar 5 menit.

Lalu, seperti apa desain masjid di pinggir Danau Lido itu? Kang Emil belum bisa memastikannya. Namun, yang jelas konsepnya menyatu dengan alam. “Desain masih dicorat-coret. Konsepnya menyatu dengan alam,” bebernya.

Baca Juga: Gagal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ridwan Kamil Patah Hati

Ia berharap, masjid itu bisa membantu masyarakat yang sedang berekreasi di KEK untuk beribadah dengan nyaman.

“Mudah-mudahan membantu. Orang sambil berekreasi, berekonomi, juga beribadah,” tukasnya. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto