25 radar bogor

Siswa Sekolah Alam Bogor Wakili Indonesia di Konferensi Internasional

Tim dari project berjudul "1167 mission : Raising Children's Awareness of Key Mammal Species in Tropical Rainforest Heritage of Sumatra".

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 9 siswa SM dan SMX Sekolah Alam Bogor lolos dalam seleksi tingkat nasional Konferensi Tahunan Caretaker of Environtment Internasional (CEI) ke-37.


CEI merupakan konferensi yang diikuti oleh anak-anak muda yang peduli dan tertarik pada isu lingkungan. Dalam konferensi itu, mereka akan menyampaikan project-project mengenai pewarisan alam dan budaya.

Kesembilan siswa ini nantinya akan mewakili Indonesia pada konferensi yang akan berlangsung bulan Juli mendatang di Yogyakarta.

Mentor SMPS Sekolah Alam Bogor, Eneng Destiani mengatakan, mereka telah berupaya maksimal menyiapkan presentasi dan berlatih tanya jawab yang disampaikan dengan bahasa Inggris.

Ia memaparkan terdapat dua project yang disiapkan oleh siswanya.

Project pertama berjudul “1167 mission : Raising Children’s Awareness of Key Mammal Species in Tropical Rainforest Heritage of Sumatra”. Proyek ini dikerjakan oleh 5 orang siswa kelas 9 di antaranya Khansa Malika Darmawan, Myula Aimee Fathena, Arsya Arraihan Madduppa, Sachi Myaisha. Kalyca Amira Ahmadi.

“Dalam project itu, mereka akan menyosialisasikan dan mengedukasi anak-anak soal 4 hewan asal Pulau Sumatera yang akan punah yakni gajah, harimau, orang utan, dan badak. Mereka menyampaikan soal kampanye melindungi dan melestarikan hewan tersebut,” jelas Desti.

Sementara itu, project kedua ialah Syree Project. Proyek yang diusung oleh dua orang siswa kelas 7 yaitu Rayana Aiman Nitisara dan Ahmad Rey Rasydan ini, berisi tentang kegiatan menanam pohon di daerah urban yang minim pepohonan.

“Pohon yang ditanam itu khas Infonesia dan sudah jarang ditemui seperti pohon gaharu,” terang Desti.

Project itu akan dilaksanakan hingga bulan Juni mendatang. Hasilnya akan dipamerkan pada show case yang digelar Bulan Juli bersama dengan delegasi yang berasal dari negara lain.

Selain siswa SMP, SMX Sekolah Alam Bogor juga mengirimkan satu kelompok lain yang terdiri dari Ferdiansyah Hilmi Ciptono dan Arargya Atha yang dimentori oelh Candra Darusman. Mereka membawakan project berjudul Indifish.

Desti mengungkapkan, anak-anak didiknya memang terbiasa membuat sebuah project karena sering diajarkan di sekolahnya. Ia berharap event CEI dapat menambah pengalaman para peserta didik dan membawa harum nama Sekolah Alam Bogor.

“Terpenting, dampak yang diberilan bukan hanya pada lingkungan sekitar, tapi bisa juga dirasakan kebermandaatannya oleh semua orang,” tuturnya.

Avatar

Baca Juga:

Sekarang Begini Jawaban Prabowo Soal Maju Pilpres 2024


Salah satu peserta Arsya berharap upaya keras yang dilakukan kelompoknya bisa berjalan baik dan membawa dampak baik bagi lingkungan.

“Secara pribadi saya ingin usaha kami dapat merepresentasikan sekolahnya dengan baik,” ujarnya.

Mereka awalnya merasa ragu. Namun, bimbingan dan pendampingan yang diberikan penuh oleh para mentor dan guru memberikan dorongan maksimal kepada para peserta sehingga mampu melalui setiap tahapan selesksi dengan baik. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto