25 radar bogor

PSG vs Juventus : Saatnya Ubah Sejarah!

Paris Saint-Germain

PARIS-RADAR BOGOR, Paris Saint-Germain (PSG) akan menjamu raksasa Italia, Juventus di matchday pertama Grup H Liga Champions 2022/2023. Setelah empat dekade tanpa kemenangan, ini saatnya PSG mengubah sejarah pertemuan kedua klub.

Baca Juga : Juventus Lumat Sassuolo 3-0, Debut Sempurna Di Maria

Dari sembilan pertemuan kedua klub sebelumnya, hasil terbaik PSG hanya berupa dua hasil imbang. Kedua hasil seri itu pun mereka dapatkan di era Piala Winners 1983/1984.

Setelah bermain imbang 2-2 dan 0-0, tujuh pertemuan berikutnya disapu bersih Si Nyonya Tua, julukan Juventus. Termasuk duel terakhir di ajang International Championships 2017 di mana Juventus menang 3-2.

Tapi situasi saat ini jelas sudah berbeda. PSG saat ini adalah klub terkaya dunia dengan pemain-pemain bintang hampir di setiap lini. Bahkan, selain dua pemain termahal dunia; Neymar dan Kylian Mbappe, klub Paris itu juga kini diperkuat Lionel Messi.

Berbicara prestasi di Liga Champions, PSG dalam satu dekade terakhir juga jelas lebih baik. Makanya, laga di Parc des Princes, dini hari nanti menjadi kesempatan bagus bagi PSG untuk menaklukkan Juventus.

Musim ini, PSG sudah menunjukkan bagaimana berbahayanya mereka. Selain sudah mengunci gelar Piala Super Prancis, PSG mengawali Ligue 1 dengan sangat bagus.

Messi dan kawan-kawan memenangi lima dari enam pertandingan pertama mereka dan belum tersentuh kekalahan. Yang paling luar biasa adalah catatan golnya.

Di tujuh laga yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi, anak asuh Christopher Galtier mampu melesakkan 28 gol dan hanya kebobolan empat kali. Termasuk 24 gol di Ligue 1.

Dengan Messi, Neymar, dan Mbappe sudah semakin padu, sulit untuk tidak menempatkan PSG sebagai favorit di pertandingan nanti. Meski demikian, sang kapten, Marquinhos mengingatkan rekan setimnya untuk tetap menghormati Juventus.

“Mereka masih tim yang sangat sulit untuk dihadapi. Formasi Italia banyak bekerja pada taktik dan fisik. Mereka selalu siap bertarung. Mereka selalu menempatkan lawan mereka dalam kesulitan,” kata bek Brasil itu di situs resmi PSG.

Galtier sendiri cukup percaya diri bisa mengatasi Juventus. Menurutnya, kemenangan 3-0 atas Nantes di akhir pekan memberi mereka keyakinan lebih besar menyambut Juventus.

“Itu sangat penting, dalam urutan pertandingan. Jelas itu adalah pertandingan yang dekat dengan pertandingan Liga Champions pertama kami yang akan berlangsung dalam tiga hari,” jelasnya.

Untuk laga ini, Christophe Galtier nyaris tidak punya masalah pemain. Hanya Vitinha yang mengalami cedera saat melawan Nantes yang diragukan tampil.

Namun, Galtier masih punya Renato Sanches atau Fabian Ruiz. “Saya dapat melakukan apa yang saya inginkan dan apa yang direncanakan,” ujar Galtier terkait cedera Vitinha.

Juventus sementara itu harus berurusan dengan banyak masalah. Kiper utama mereka, Wojciech Szczesny dipastikan akan absen akibat cedera. Paul Pogba, Federico Chiesa, dan Angel di Maria juga dipastikan tidak akan bermain.

Baca Juga : Hasil Lengkap Drawing Liga Champions 2022/23 : Barcelona, Munchen dan Inter di Grup Neraka

Selain masalah pemain, Juventus juga membawa modal kurang meyakinkan ke Paris. Pada laga terakhir, tim asuhan Massimiliano Allegri ditahan imbang Fiorentina.

Namun, Allegri memastikan dirinya akan melakukan yang terbaik agar mereka bisa meladeni permainan PSG. “Sekarang menuju ke Paris: kami akan mempersiapkan pertandingan dengan baik,” katanya di situs resmi Juventus. 

Prakiraan Pemain

PSG (3-4-2-1): Donnarumma; Kimpembe, Marquinhos, Ramos; Mendes, Sanches, Verratti, Hakimi; Messi, Neymar; Mbappé

Juventus (4-3-3):  Perin; Cuadrado, Danilo, Bremer, Alex;  Locatelli, Paredes, McKennie; Milik, Vlahovic, Kostic. (fajar)

 

Editor : Ruri Ariatullah