25 radar bogor

Jauhi Pantai, Letusan Gunung Ruang Berpotensi Timbulkan Tsunami

Gunung Ruang
Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang meletus Rabu (17/4/2024) dini hari.

SULUT-RADAR BOGOR, Status Gunung Ruang di Sulawesi Utara dari Level Normal ke Level Waspada, kini naik jadi ke Level III, atau Siaga.

Baca Juga : Gunug Api Ruang Meletus, Langit di Kabupaten Sitaro Sulut Memerah

Masyarakat yang berada pada radius 6 km dari Gunung Ruang diminta untuk dievakuasi. “Masyarakat yang tinggal di wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km,” ujar Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan.

Selain itu, PVMBG juga meminta orang-orang yang tinggal di dekat pantai untuk tetap waspada karena letusan Gunung Ruang dapat menyebabkan tsunami.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang tinggal di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut,” terangnya.

Sehubungan dengan temuan pengamatan instrumental yang dilakukan pada Rabu, 17 April 2024, dari pukul 00.00 hingga 12.00 Wita, tercatat 373 Gempa Vulkanik Dalam (VTA), 564 Gempa Vulkanik Dangkal (VTB), 2 Gempa Terasa, dan 1 Gempa Tektonik Lokal.

Baca Juga : Gunung Merapi Erupsi Lagi, Waspada Guguran Lava dan Awan Panas

Dia juga menyatakan bahwa Gempa Erupsi 1 terjadi pada pukul 12:00 hingga 20:15 WITA, dan terjadi Tremor Vulkanik dengan amplitudo maksimum 50 hingga 55 mm (dominan 55 mm). (net)

Editor : Yosep