25 radar bogor

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Waspada Guguran Lava dan Awan Panas

gunung merapi
Ilustrasi erupsi Gunung Merapi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gunung Merapi kembali mengalami erupsi. Masyarakat sekitar gunung itu pun diminta waspada potensi guguran lava dan awan panas.

Baca Juga : Waspada, Gunung Merapi Mengalami 16 Kali Gempa Guguran

Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan kegiatan di daerah potensi bahaya akibat erupsi Gunung Merapi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

“Data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di dalam daerah potensi bahaya,” ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan dalam keterangannya, Minggu (14/4/2024).

Bahaya lahar dan awan panas guguran patut diwaspadai terutama saat hujan turun di seputar Gunung Merapi. “Tidak melakukan melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya tersebut,” kata Hendra.

Potensi bahaya Gunung Merapi saat ini berupa guguran lava, dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Hendra menegaskan, pemantauan pada Minggu (14/4/2024) sejak pukul 00:00 hingga 06:00 WIB pagi menunjukkan telah terekam 13 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-12 mm dan lama gempa 36.16-100.04 detik, 9 kali gempa Hybrid/Fase Banyak dengan amplitudo 3-8 mm, S-P 4-5 detik dan lama gempa 5.44-8.96 detik dan 2 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 23-60 mm, dan lama gempa 8.24-10.08 detik.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia, terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan merupakan bagian dari Pegunungan Kendeng.

Baca Juga ; Gunung Merapi Luncurkan 18 Kali Guguran Lava ke Arah Dua Sungai

Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.910 meter di atas permukaan laut dan memiliki tipe gunung api stratovolcano. Gunung ini memiliki kawah aktif yang bernama Selo Arang. (net)

Editor : Yosep