25 radar bogor

Tindak Truk Tambang Pelanggar Aturan di Bogor, Bentuk Satgas Gakkum Terpadu

Truk Tambang
Tapat koordinasi antara Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, di Ruang Rapat Bima Kemenkopolhukam, Jakarta Selasa (16/4/2024). Rapat membahas soal penegakan hukum truk tambang yang melanggar aturan.

JAKARTA- RADAR BOGOR, Pemkab Bogor dan Pemerintah Pusat memperkuat sinergi dan kolaborasi penegakkan hukum (Gakkum) terhadap para pengendara truk tambang di Parung Panjang yang melanggar aturan.

Baca Juga : Kunjungi Parung Panjang, Pj Bupati Bogor Sidak Kantong Parkir Truk Tambang

Salah satunya, dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum (Gakkum) terpadu operasional truk tambang.

Hal itu dibahas melalui kegiatan rapat koordinasi antara Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, yang berlangsung di Ruang Rapat Bima Kemenkopolhukam, Jakarta pada Selasa (16/4/2024).

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengungkapkan, penerapan Gakkum)terhadap para pengendara truk tambang yang melanggar aturan perlu dilakukan secara sinergi antara Pemerintah Pusat, Provinsi juga Pemkab Bogor.

Karena, kata dia, penanganan permasalahan jalur tambang juga truk tambang ini melibatkan beberapa wilayah tidak hanya Kabupaten Bogor.

Melalui koordinasi ini diharapkan dapat menyamakan persepsi, juga sinergi dalam pembentukan Satgas) Gakkum terpadu terhadap operasional para pengendara truk tambang yang melanggar aturan, dan melakukan penegakan hukum saat Perbup Nomor 120 Tahun 2021 tentang Jam Operasional Kendaraan Angkutan Barang Khusus Tambang diberlakukan.

“Penegakannya harus sinergi, dengan melibatkan banyak pihak termasuk TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan lainnya, dengan cara membentuk Satgas Gakkum terpadu terhadap operasional para pengendara truk tambang yang melanggar aturan,” tegas Asmawa Tosepu.

Selanjutnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menyatakan siap bersinergi dengan Pemkab Bogor terutama berkaitan dengan penerapan penegakan hukum terhadap para pengendara truk tambang yang melanggar aturan.

“Kita akan panggil pihak terkait agar penerapan penegakan hukum ini bisa optimal dan tidak merugikan satu sama lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga : Pastikan Pelayanan Usai Lebaran Berjalan Baik, Pj Bupati Bogor Sidak Sejumlah Instansi

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Bogor yakni Kepala Kantor BPN Kabupaten Bogor, Asisten Ekbang, Aspemkesra, Kepala Diskominfo, Perwakilan DPKPP, Perwakilan BPKAD dan Kabag Adbang. (*)

Editor : Yosep