25 radar bogor

Kunjungi Parung Panjang, Pj Bupati Bogor Sidak Kantong Parkir Truk Tambang

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama jajaran Pemkab Bogor melakukan peninjauan progress pembangunan kantong parkir kendaraan truk tambang, yang berada di Desa Gorowong, Kecamatan Parung Panjang, Senin (15/4).

PARUNG PANJANG-RADAR BOGOR, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama jajaran Pemkab Bogor melakukan peninjauan progress pembangunan kantong parkir kendaraan truk tambang, yang berada di Desa Gorowong, Kecamatan Parung Panjang, Senin (15/4).

Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek langsung kondisi kesiapan sarana kantong parkir di Parung Panjang itu.

Karena sudah sekitar tiga bulan, kantong parkir truk tambang di Parung Panjang itu dibangun, dan sudah bisa digunakan pasca libur lebaran ini.

“Hasil peninjauan kami hari ini mungkin untuk 200 truk itu sudah bisa menampung. Mudah-mudahan bisa kita percepat sambil digunakan,” kata Tosepu.

Mantan Pj Walikota Kendari mengaku, sambil melihat pembangunan lanjutan, dirinya juga bakal melakukan uji coba operasi dari jam 1 siang.

Asmawa Tosepu menambahkan, sejak H-7 dan H+7 operasional truk tambang libur beroperasi, setelah itu mereka beroperasi kembali.

Baca juga: Dua Minggu Warga Parung Panjang Bogor Bebas dari Truk Tambang, Ini Penyebabnya

“Fasilitas kantong parkir ini disediakan bagi truk tambang yang tidak bisa beroperasi di jam-jam yang tidak diizinkan jika kantong parkir ini sudah siap, maka Perbup tersebut bisa diterapkan sesuai dengan kesepakatan bersama,” tegasnya.

Namun berkaitan dengan jalur khusus tambang, kata dia, sedang dalam proses.

Karena menjadi kesepakatan pada saat pertemuan dengan Komisi VI DPR RI, dan kemungkinan besar di Parung Panjang itu, akan dibangun menggunakan dana APBN.

“Kewajiban Kabupaten Bogor untuk menyiapkan dokumen perencanaan seperti Detail Engineering Design (DED), Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) di Parung Panjang,” ungkapnya.(Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari