25 radar bogor

DBD di Kabupaten Bogor Capai 1253 Kasus, Telan Korban 15 Orang Meninggal

DBD
Kepala Bidang P2P Adang Mulyana ketika menjelaskan sebaran kasus DBD di wilayah Kabupaten Bogor, Rabu (17/4/2024). FOTO : JAENAL/RADAR BOGOR

CIBINONG – RADAR BOGOR, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mencatat kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD sepanjang akhir 2023 hingga awal 2024 sebanyak 1.253 kasus, dan sudah menelan korban meninggal sebanyak 15 orang.

Baca Juga : Pasca Meluapnya Sungai Cisarapati, BPBD Kabupaten Bogor Minta Dinas Buat Sodetan Air

“Peningkatan kasus DBD mulai akhir 2023 terutama bulan Desember sebanyak 278 kasus, Januari 256 kasus, Februari 313 kasus, Maret 562 dan April 122 kasus. Total ada 1.253 kasus dan meninggal ada 15 orang,” ungkap Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Adang Mulyana kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Adang menjelaskan, untuk sebaran kasus DBD tertinggi masih mendominasi Kecamatan Cileungsi, Jonggol, Gunung Putri, dan Cibinong.

“Semua kasus meninggal sudah menjalani perawat di RS, dan upaya yang dilakukan di lokasi kasus meninggal yakni penyuluhan, PSN, larvasida dan fogging fokus,” jelasnya.

Dirinya mengaku, faktor resiko dari cuaca kadang hujan kadang panas (pancaroba) menyebabkan perindukan atau tempat bertelur nyamuk masih bermunculan.

Selain itu ada genangan air sangat banyak dan akhirnya menetas secara bersamaan. Upaya paling penting PSN dengan gerakan bersama seluruh masyarakat.

“Kalau fogging dengan populasi yang cukup tinggi dan sebaran luas hampir semua wilayah, sepertinya tidak akan optimal mengendalikan populasi nyamuk tersebut,” ungkapnya.

Mengenai kondisi lingkungan masih adayang kurang bersih dan banyak tempat perindukan nyamuk, berbagai upaya masih dilakukan dalam pengendalian DBD.

“Kami juga mengaktifkan kembali kegiatan bersih bersama seperti Jumat bersih dan segera melaporkan ke puskesmas atau faskes lainnya ketika ada gejala DBD,” jelasnya.

Sebaran kasus DBD di Kabupaten Bogor berada di Kecamatan Cileungsi 135 kasus, Kecamatan Jonggol 133 kasus, Kecamatan Gunung putri 81 kasus, Kecamatan Cibinong 79 kasus.

Baca Juga ; Tindak Truk Tambang Pelanggar Aturan di Bogor, Bentuk Satgas Gakkum Terpadu

Sedangkan kasus meninggal ada di Kecamatan Caringin 1 kasus, Cijeruk 1 kasus, Parung 1 kasus, Rancabungur 1 kasus, Gunung Sindur 1 kasus, Cibinong 1 kasus, Sukaraja 2 kasus, Jonggol 1 kasus, Gunung putri 2 kasus, Ciomas 1 kasus, Cileungsi 1 kasus, Cigombong 1 kasus. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep