25 radar bogor

Pasca Meluapnya Sungai Cisarapati, BPBD Kabupaten Bogor Minta Dinas Buat Sodetan Air

Pasca meluapnya Sungai Cisarapati, warga yang terdampak mulai membersihkan material lumpur.

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Pasca meluapnya Sungai Cisarapati, warga yang terdampak mulai membersihkan material lumpur, dan barang-barang yang sempat terendam air setinggi 150 cm, pada Minggu malam.

Untuk pemukiman terdampak meluapnya Sungai Cisarapati, berada di Kampung Cicerewed RT 01 sampai RT 05 di lingkungan RW 01, lalu di kampung Pasir Maung RT 03, 04 RW 09, Kampung Cijayanti 2 RT 02, 03, RW 02, dan Kampung Babakan RT 01, 02, 03 RW 06, yang semuanya ada di wilayah Desa Cijayanti, Babakan Madang.

“Dikarenakan hujan deras serta meluapnya tiga aliran Sungai Cisarapati, Cijayanti dan Cikeas yang mengakibatkan banjir di wilayah tersebut dengan ketinggian kurang lebih 150 cm,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Mohamad Adam Hamdani, Senin (15/4).

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Raya Puncak Bogor Banjir. Lalin Tersendat!

Diperkirakan, dampak hasil kaji cepat petugas, ada sekitar 45 rumah di Kampung Cicerewed, sedangkan di Kampung Pasir Naung 13 unit rumah, Kampung Cijayanti 11 unit rumah, serta Kampung Babakan ada 13 unit rumah.

“Semua warga terdampak tidak ada yang mengungsi, dan sudah kembali kerumah masing-masing,” jelasnya.

Menurut Adam, air pun sudah surut serta warga sedang membersihkan sisa-sisa banjir dan penyemprotan material lumpur di area pemukiman warga yang terdampak meluapnya Sungai Cisarapati.

“Butuh penanganan lebih lanjut dari dinas terkait, dan perlunya ada sodetan pada Sungai Cisarapati, agar dapat menampung apabila debit air sedang naik,” katanya.
(Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari