25 radar bogor

Pemekaran Kabupaten Bogor Barat Terus Disuarakan Pemuda dan Aktivis Pamijahan

Kabupaten Bogor Barat
Halalbihalal Aktivis dan Pemuda Pamijahan. Mereka terus mendorong pemekaran Kabupaten Bogor Barat karena isu ini sudah lama bergulir namun tak kunjung terwujud.

PAMIJAHAN-RADAR BOGOR, Sejumlah pemuda dan aktivis Kecamatan Pamijahan mendukung adanya pemekaran Kabupaten Bogor Barat. Hal itu karena pemekaran dinilai bisa membantu pengembangan daerah.

Baca Juga : Megahnya Masjid Baitur Ridwan di Bogor Barat, Hampir Dibangun Pom Bensin

Hal ini disampaikan Buchori, salah satu aktivis Pamijahan usai menggelar Halalbihalal Aktivis dan Pemuda Pamijahan. Mereka terus mendorong pemekaran Kabupaten Bogor Barat karena isu ini sudah lama bergulir namun tak kunjung terwujud.

Sehingga, kata dia, dukungan harus terus disuarakan agar pemekaran Kabupaten Bogor Barat bisa benar-benar dilakukan.

“Kami mendukung perjuangan pemekaran Kabupaten Bogor Barat. Apabila terwujud, Pamijahan akan menjadi salah satu kecamatan yang ada wilayah Bogor Barat,” ungkap, Jumat (13/4/2024).

Ia menjelaskan, pemekaran Kabupaten Bogor Barat ini merupakan kunci kemandirian wilayah. Tidak hanya kemandirian secara pemerintahan, tapi kemandirian ekonomi pemberdayaan SDM, kesehatan, dan juga pendidikan.

“Pemekaran atau pembentukan daerah otonomi baru ini juga adalah jalan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat atau pelayanan publik,” ungkapnya.

Saat ini pelayanan umum disebut harus dioptimalkan agar kesejahteraan masyarakat bisa terwujud. Selain itu, saat pemekaran terwujud maka ekonomi baru akan tumbuh dan berkembang.

“Kalau dianalogikan seperti membangun rumah tangga, setelah menikah. Akan berbeda ketika hidup kita bersama istri numpang di orang tua atau mertua dengan kita mendirikan rumah sendiri. Walaupun rumah kita itu masih sederhana, itu menjadi sebuah pelajaran yang sangat luar biasa untuk hidup mandiri. Kita bisa menentukan nasib sendiri dan mengatur kehidupan sendiri. Itulah konsep pembentukan daerah otonomi baru,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia berharap hal ini bisa terwujud secepatnya agar kecamatan yang berada di wilayah Bogor Barat bisa lebih maju dan berdaulat dalam mengembangkan wilayah.

Ia menyebut kemajuan itu bisa terwujud karena adanya pemekaran Kabupaten Bogor Bogor yang akan membuat masyarakat bisa lebih berinovasi dan berkreasi.

Baca Juga : ICMI Orda Bogor Barat Dukung Pemekaran Kabupaten Bogor Barat

“Kita ingin menentukan bagaimana arah Kabupaten karena yang pasti kita ingin wilayah kita semakin maju dan mandiri,” ujarnya. (rp1)

Reporter : Fikri Rahmat Utama
Editor : Yosep