25 radar bogor

ICMI Orda Bogor Barat Dukung Pemekaran Kabupaten Bogor Barat

Silaturahmi Kerja Daerah ICMI Orda Bogor Barat di Roemah Poetih Galuga (RPG) Kecamatan Cibungbulang, Sabtu (1/5/2021).

RADAR BOGOR – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Organisasi Daerah Bogor Barat siap mendukung rencana pemekaran Kabupaten Bogor Barat.

Dukungan diberikan dalam mempersiapkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

Ketua ICMI Orda Bogor Barat, H Djupri Djamaludin menuturkan, wacana pemekaran Bogor Barat sudah cukup lama digaungkan ke Pemerintah Pusat namun moratorium juga belum dicabut.

“Dari pemekaran ini kita merumuskan beberapa rekomendasi untuk disampaikan ke ICMI Pusat melalui ICMI Korwilsus Bogor salah satunya adalah mendesak pemerintah untuk mencabut moratorium dan melaksanakan pemekaran Bogor Barat,” ungkapnya dalam Silaturahmi Kerja Daerah ICMI Orda Bogor Barat di Roemah Poetih Galuga (RPG) Kecamatan Cibungbulang,Sabtu (1/5/2021).

Menurutnya, ICMI siap membantu pemerintah dalam mempersiapkan SDM apabila pemekaran terelasisasi.

Meskipun tidak terlibat secara langsung dalam urusan pemekaran, pihaknya siap berperan dalam meningkatkan kualitas umat menuju masyarakat madani.

Bersama dengan pemerintah, sehingga masyarakat mendapatkan pengayoman baik di bidang pengembangan ekonomi maupun pengembangan intelektual spiritual.

Lebih lanjut ia mengatakan, ICMI sendiri sedari awal merupakan organisasi umat Islam yang diberi tugas untuk mengayomi masyarakat terutama dalam bidang spiritual sejak berdiri pada 1990 silam.

“Dan ICMI Orda Bogor Barat terbentuk pada 2016 lalu dan siap mendukung pemekaran Kabupaten Bogor Barat,” tegasnya.

Dalam Silaturahmi Kerja Daerah ICMI Orda Bogor Barat itu, ada dua orasi ilmiah yang disampaikan Rektor IPB sebagai Ketua Umum ICMI Korwilsus Bogor, Prof Arief Satria, dan oleh Asep Wahyuwijaya sebagai Ketua Dewan Pakar ICMI Orda Bogor Barat yang juga anggota DPRD Jabar.

Materi yang disampaikan mengenai peran ICMI dalam penembangan SDM dan SDA gua menyongsong Pemekaran Bogor Barat.(cok/c)