25 radar bogor

Mengenal Erwan Rusdiawan, Mahasiswa IPB dengan Segudang Pengalaman dan Prestasi

Mahasiswa IPB Erwan Rusdiawan
Mahasiswa IPB Eman Rusdiawan

RADAR BOGOR-Menurut Kuntowijoyo (2003:203), Biografi adalah catatan atau goresan tentang kehidupan, biasanya menyangkut kehidupan seorang tokoh.

Baca Juga : Bercita-cita Jadi Atmospheric Scientist? Prodi Meteorologi Terapan IPB University Bisa Jadi Pilihan

Sedangkan menurut Patmono SK (1998), Biografi adalah sebuah kisah riwayat hidup seseorang bersumber dari kisah nyata.

Sukirno (2016:55) juga menuliskan bahwa biografi adalah tulisan yang didalamnya mengisahkan kehidupan seseorang atau orang lain. Secara sederhana biografi dapat diartikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang.

Mengenal sosok Erwan Rusdiawan, ia merupakan mahasiswa angkatan 56 yang memiliki banyak pengalaman berharga, dan prestasi dari hasil kerja keras nya selama masa kuliah.

Erwan Rusdiawan baru saja menyelesaikan pendidikan nya dari Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya IPB University pada tahun 2024.

Pengalaman yang tak terlupakannya ialah saat Erwan Rusdiawan berhasil menjadi Duta IPB Batch 8, menjadi Tourism Ambassador Smiling West Java sebagai Content Creator pada tahun 2023, dan menjadi Duta Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Tanahalisa) pada tahun 2021.

Erwan Rusdiawan adalah nama lengkapnya, lahir di Sukabumi pada tanggal 9 Juli tahun 2001. Erwan Rusdiawan memulai pendidikan di Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Cisolok pada tahun 2013-2016, dan Sekolah Menengah Atas di SMAN 1 Cikakak pada tahun 2016-2019.

Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Bogor, yaitu IPB University Program Studi Akuakultur pada tahun 2019-2024.

Saat ini, Erwan Rusdiawan aktif di Smiling West Java sebagai Content Creator untuk mempromosikan Pariwisata, UMKM, Kuliner di daerah asalnya, yaitu Sukabumi, dan saat ini masih mencari pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Banyak tantangan yang dilalui oleh Erwan Rusdiawan untuk menempuh pendidikan di IPB University, dimulai dari pendaftaran yang mepet karena server down hingga adanya perpanjangan pendaftaran yang akhirnya membuat Erwan Rusdiawan berhasil masuk ke IPB University.

Erwan Rusdiawan berkuliah di Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya, dan Program Studi tersebut merupakan pilihan pertama yang dipilih karena Erwan Rusdiawan memiliki cita-cita untuk memajukan perekonomian di daerah dengan memanfaatkan potensi yang ada, khususnya Sektor Perikanan.

Selain memiliki minat yang besar pada sektor perikanan, Erwan Rusdiawan juga memiliki hobi menyanyi yang sudah ia geluti sejak masih kanak-kanak, Erwan sering mengikuti lomba paduan suara, dan mewakili departemen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, seperti IPB Art Contest, namun Erwan belum dapat memenangkan lomba yang diikuti, tetapi Erwan merasa bangga ketika dirinya dapat mewakili departemen fakultas dari IPB University.

Sejak masa Sekolah Menengah Atas, Erwan Rusdiawan sudah banyak berperan di dalam organisasi, mulai dari menjadi Ketua Osis di SMAN 1 Cikakak, menjadi Ketua Forum Osis Kabupaten Sukabumi regional 4, menjadi anggota Forum Osis Jawa Barat, dilanjutkan dengan organisasi selama masa perkuliahan.

Di antaranya, menjadi Bendahara Divisi Sosial Lingkungan (Ormawa PPKU), menjadi Ketua Divisi Bidik Misi Turun Desa (GALAKSI IPB), serta menjadi Ketua Divisi Sosial dan Lingkungan (HIMAKUA IPB).

Namun, bagi Erwan, peran yang paling berdampak, dan berkesan adalah ketika dirinya menjadi Ketua Divisi Sosial dan Lingkungan (HIMAKUA IPB). Tiap tahun nya, HIMAKUA IPB selalu berhasil lolos didanai pada kegiatan PHP2D/P3D di Tingkat Nasional,

Erwan juga banyak belajar tentang kesosialan, seperti membantu teman-teman BDP yang memiliki hambatan pembayaran UKT melalui Peduli UKT, diamanahkan sebagai pemimpin sehingga bisa belajar bersosialisasi, dan komunikasi ke masyarakat, dan berhasil menumbuhkan solidaritas terhadap organisasi HIMAKUA IPB.

Melalui pendanaan yang didapatkan, Divisi Sosial dan Lingkungan HIMAKUA IPB harus turun desa tiap minggu, tentunya menurut Erwan turun ke desa-desa tersebut sangat berdampak karena Erwan banyak belajar bagaimana cara komunikasi ke masyarakat sekitar, kemudian program-program implementasi selama perkuliahan bisa diaplikasikan ke masyarakat untuk yang benar-benar membutuhkan.

Erwan Rusdiawan juga terus mencari pengalaman, dan melatih skill yang dimiliki agar terus bisa berkembang, seperti menjadi Asisten Praktikum, MC, Host, Talent, Pemateri, dan Pengisi Hiburan di berbagai kegiatan yang diselenggarakan BDP maupun diluar BDP.

Dari situ, Erwan Rusdiawan mulai meniti karir yang lebih serius di selingan perkuliahan, dan organisasi. Jatuh bangun, suka duka sudah dirasakan oleh Erwan, karena sebelumnya pada masa Sekolah Menengah Atas, Erwan bukanlah seperti sosoknya saat ini, Erwan tidak berani berbicara di depan banyak orang, walaupun saat itu dirinya pernah menjadi Ketua Osis, Erwan belum percaya diri untuk berbicara banyak, dan lebih mengedepankan action yang langsung dilakukan.

Oleh karena itu, selama perkuliahan Erwan selalu mengupayakan diri untuk mengikuti banyak organisasi hingga akhirnya berlabuh sebagai Ketua Divisi Sosial dan Lingkungan HIMAKUA IPB yang melibatkan banyak orang, dan memberanikan diri mengikuti seleksi sebagai Duta IPB University.

Dalam proses menjadi Duta IPB University, Erwan pernah mengalami kegagalan ketika dirinya mengikuti seleksi Duta IPB University batch 7, tapi kegagalan tersebut tidak menjadi penghalang ketika Erwan kembali mendaftarkan diri nya di batch 8 dengan keinginan untuk keluar dari zona nyaman, dan mempelajari kesalahan-kesalahan yang dibuat di seleksi sebelumnya.

Banyak pelajaran yang Erwan ambil ketika mengikuti rangkaian seleksi sebagai Duta IPB University batch 8, seperti mempelajari public speaking yang baik, belajar banyak tentang komunikasi, mempersiapkan materi, kemudian mulai menerima job-job untuk MC dan moderator. Tidak hanya itu, Erwan pun mendapatkan relasi yang cukup luas.

Banyak lika-liku yang telah dilalui oleh Erwan, kadang tidak percaya diri untuk mengambil job tanpa dibayar, tidak percaya diri ketika harus mengisi Voice Over sebuah konten, tetapi selain menjadi Duta IPB University, Erwan juga mengikuti program Tourism Ambassador Smiling West Java sebagai Content Creator dengan tujuan agar dirinya semakin percaya diri dalam mengedit video, dan mengisi Voice Over.

Erwan terus mempelajari dalam membuat konten, Erwan berjuang secara mandiri, seperti belajar mengedit, dan mempelajari bagaimana cara pengambilan footage.

Selama perjalanan karir ini, Erwan merasa bahwa karirnya tidak selalu berjalan mulus, kadang down dan iri dengan pencapaian orang lain sudah dirasakan oleh Erwan, tetapi Erwan selalu berusaha yakin dengan kemampuan, dan value yang dimiliki untuk berkembang lebih baik.

Selain itu, prestasi menjadi pelengkap bahwa pencapaian Erwan Rusdiawan sangat berkembang selama masa perkuliahan. Prestasi yang pernah diraih, di antaranya sebagai Duta IPB University batch 8, Penerima Beasiswa KIP-Kuliah, Penerima Beasiswa Rumah Kepemimpinan 2020/2022, memenangkan Juara Harapan 1 National Fisheries Business Plan Competition 2021 dengan perencanaan pembuatan kerupuk dari cangkang siput, Lolos didanai tim PHP2D Himakua 2021.

Menjadi Duta Taman Nasional Gunung Halimun Salak 2021, memenangkan Juara Harapan 3 Abdidaya Ormawa kategori Tim Pelaksana, Lolos didanai tim Mahasiswa Mengabdi HIMAKUA 2022, serta menjari Tourism Ambassador Smiling West Java 2023.

Tidak hanya itu, Erwan Rusdiawan juga kerap melibatkan diri pada projek-projek besar ketika perkuliahan, seperti menjadi bagian projek Jelajah IPB yang melibatkan banyak siswa- siswi SMA/SMK yang ada di Jabodetabek dan luar Jabodetabek.

Bagi Erwan, pengalaman projek tersebut sangat mengesankan karena Erwan bisa memberikan informasi terkait IPB University kepada siswa-siswi SMA/SMK. Selain itu, Erwan juga melibatkan diri pada projek PPK Ormawa HIMAKUA, dengan membuat proposal, dan poster.

Tujuan dari proposal tersebut agar projek yang dibuat bisa berdampak kepada masyarakat desa binaan HIMAKUA IPB. Akhir dari hasil kerja tersebut, akhirnya Erwan dan tim berhasil lolos ke tingkat Nasional.

Sebelum lulus perkuliahan, Erwan juga mengikuti magang di eFishery bagian Riset Pakan dan Pembudidaya dimana selama 1 bulan, Erwan diharuskan mewawancarai pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten Bogor dan penjual pakan, Erwan banyak belajar bersosialisasi dan menjadi lebih tahu mengenai aspek – aspek perikanan, komoditas, serta penyakit yang dihadapi oleh masyarakat.

Tentunya Erwan sangat merasakan dampak selama 4 tahun berkarir, karena sebelum Erwan mendaftar Duta IPB University, dan mendaftar Beasiswa Hunian dan Pembinaan Rumah Kepemimpinan, Erwan masih bingung bahwa tujuan ia berkarir dan berkuliah akan kemana, tetapi di Rumah Kepemimpinan sendiri akhirnya Erwan ditempa agar tujuannya tertata setelah pasca kampus nanti, dan dituntun bagaimana cara langkah Erwan untuk dapat meraih tujuannya nanti.

Bagi Erwan, pengalaman ini sangat berdampak baik untuk Erwan, Erwan bisa berani untuk keluar dari zona nyaman, kemudian dengan menjadi Duta IPB University juga, Erwan mulai berani untuk mengambil job MC, Moderator, dan Speaker.

Memang banyak dampak positif yang dirasakan Erwan ketika dirinya mendalami kemampuan komunikasi, dan public speaking, karena Erwan menjadi percaya diri dengan kemampuan dan value yang dimiliki.

Hingga saat ini, Erwan Rusdiawan sebagai lulusan Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya dari Budidaya Perairan, terus bercita-cita untuk bisa mengembangkan potensi daerahnya sendiri khususnya Pelabuhan Ratu, Kota Sukabumi.

Baca Juga : Undang Menkes, IPB University Adakan Kuliah Umum Kedokteran Masa Depan Bersama

Harapannya cita-cita Erwan Rusdiawan bisa tercapai dalam mengembangkan potensi perikanan yang ada disini khususnya Perikanan Tangkap, Laut, dan Vektor Budidaya untuk Komoditas Laut.

Kedepannya, Erwan Rusdiawan pun ingin menjadi pengusaha agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar Kota Sukabumi dan meluas ke wilayah lainnya. (*)

Penulis : Danya Nur Munifah
Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB University

Editor : Yosep