25 radar bogor

Bercita-cita Jadi Atmospheric Scientist? Prodi Meteorologi Terapan IPB University Bisa Jadi Pilihan

IPB University
Mahasiswa IPB University Berhasil Ekspor Produk Healthy Chips Perdana ke Amerika Serikat, Rektor Bangga

BOGOR-RADAR BOGOR, Untuk kamu yang punya passion di bidang iklim dan cuaca, nampaknya harus melirik program studi (prodi) IPB University satu ini: Prodi Meteorologi Terapan.

Prodi Meteorologi Terapan merupakan salah satu prodi tingkat sarjana di IPB University yang dikelola oleh Departemen Geofisika dan Meteorologi (GFM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University.

Prodi ini cocok untuk kamu yang ingin menggali lebih dalam tentang atmosfer dan hidrosfer yang terkait dengan gejala alam cuaca, iklim dan daur hidrologi.

Dalam pembelajarannya, prodi ini mencakup aplikasi ilmu meteorologi terapan untuk perencanaan pertanian, pengelolaan sumber daya alam, penanggulangan bencana, dan perlindungan lingkungan.

“Menurut saya, prodi ini memiliki prospek yang bagus ke depannya, karena seluruh dunia sedang dihadapkan dengan permasalahan perubahan iklim dan memerlukan pakar iklim dalam menghadapi permasalahan di berbagai sektor, seperti di pertanian atau bahkan kebijakan,” kata Raihan Triwahyudi, mahasiswa Prodi Meteorologi Terapan IPB University semester 8.

Beberapa alumni Prodi Meteorologi Terapan IPB University sukses berkarier di kancah nasional dan internasional.

Baca juga: Undang Menkes, IPB University Adakan Kuliah Umum Kedokteran Masa Depan Bersama

Seperti Sandro W Lubis (Atmospheric Scientist, Pacific Northwest National Laboratory), Benny Istanto (Climate Geographer-Data Analytics and Tools Unit, World Bank Headquarter Washington DC) dan Yeli Sarvina (Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, Badan Riset dan Inovasi Nasional/BRIN).

Hal ini tak lepas dari bekal ilmu pengetahuan yang diberikan semasa kuliah.

Salah satu keunggulan dari Prodi Meteorologi Terapan IPB University adalah kemampuannya mencetak lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam observasi, analisis dan pemanfaatan data terkait iklim dan cuaca.

Mereka tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga terjun langsung ke lapangan untuk memahami dinamika atmosfer dan hidrosfer.

Mahasiswa akan belajar segala sesuatu mengenai gejala alam atmosfer dan kebumian, termasuk interaksi komponen-komponen lingkungan biologi, fisika, kimia dan pengaruh perilaku manusia serta terapannya pada berbagai segi kehidupan.

Lulusan prodi ini diharapkan memiliki kompetensi dalam melakukan observasi, analisis dan pemanfaatan data dan informasi, khususnya iklim/cuaca.

Keunggulan lainnya, Prodi Meteorologi Terapan IPB University telah mendapatkan akreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi Unggul ini dibuktikan dengan salah satunya konsisten melakukan riset dan publikasi berskala internasional di bidang iklim/cuaca, sumber daya air, serta adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Prospek karier

Prospek karier lulusan program ini sangatlah luas dan beragam.

Instansi pemerintah seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), BRIN dan berbagai kementerian memberikan peluang bagi lulusan untuk terlibat dalam pengembangan dan implementasi kebijakan terkait cuaca dan iklim.

Selain itu, lembaga riset nasional dan internasional serta perusahaan di sektor perkebunan dan agroindustri juga menjadi destinasi karier potensial bagi para lulusan prodi ini. (ran)

Editor: Rany Puspitasari