25 radar bogor

Undang Menkes, IPB University Adakan Kuliah Umum Kedokteran Masa Depan Bersama

IPB University
Menkes Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan materi pada kuliah umum kedokteran di IPB University, Kamis (29/2/2024).

BOGOR-RADAR BOGOR, IPB University menyelenggarakan kuliah umum membahas kedokteran di masa depan, dengan mengundang Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga : IPB University Bogor Tekan Kerja Sama Bidang Bioteknologi dengan Osaka University, dari Pertukaran Mahasiswa hingga Dirikan Konsorium

Kuliah umum yang diadakan di Auditorium Andi Hakim Nasution di Kampus IPB University Dramaga pada Kamis (29/2/2024) itu, dihadiri mahasiswa dan dosen dari berbagai fakultas dan program studi, seperti Fakultas Kedokteran, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Program Biologi, Biokimia, Ilmu Gizi, dan Program Pendidikan Kompetensi Umum.

Dalam sambutannya, Prof Arif Satria, Rektor IPB University, menyampaikan rasa terima kasih kepada Menkes yang telah meluangkan waktunya untuk berbicara tentang perspektif dan visi kedokteran masa depan.

“IPB University, sebagai lembaga pendidikan, berkomitmen untuk menerapkan konsep one health, yang memadukan kesehatan manusia dan hewan. Saat ini kita dihadapkan pada kesehatan berbasis satu kesehatan,” katanya.

Ia menyatakan bahwa biodiversitas Indonesia luar biasa, dan IPB University bertanggung jawab untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan biomassa dan sumber daya hayati yang ada di Indonesia untuk keuntungan kesehatan.

“Ini adalah era industri 4.0, di mana robotika, artificial intelligence (AI), blockchain, dan teknologi terbaru semakin penting,” kata Prof Arif.

Oleh karena itu, Prof Arif menyatakan bahwa PB University harus berkontribusi pada pengembangan kesehatan karena arah menuju kedokteran presisi menjadi keniscayaan.

Dengan moderator Prof Srihadi Agungpriyono, Penanggung Jawab Sementara (PJs) Dekan Fakultas Kedokteran IPB University, Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan penjelasan tentang materi dengan tema “Arah Perkembangan Ilmu Kedokteran Masa Depan.”

“Teman-teman mahasiswa yang masuk kedokteran sangat bagus karena sangat penting bagi Indonesia untuk mencapai Indonesia emas atau negara maju di masa depan,” kata Menkes.

Menurutnya, menjadikan pemimpin sehat dan pintar adalah salah satu cara untuk menjadikan Indonesia menjadi negara maju. Sehat sangat penting karena menjaga kesehatan dapat dimulai sejak lahir.

Bahkan, Sustainable Development Goals (SDGs) nomor tiga menyebutkan bahwa kesehatan sangat penting. Dalam konsep kesehatan, apa yang penting? Menurut Budi, lebih baik menjaga orang sehat daripada mengobati mereka yang sakit, dan ini adalah prinsip dasar para dokter.

Dia menyatakan komitmen Kementerian Kesehatan untuk melakukan transformasi sistem kesehatan Indonesia pada enam pilar transformasi penopang sistem kesehatan Indonesia.

Yaitu, transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Salah satu cara untuk mengubah pembiayaan kesehatan adalah dengan mempercepat produksi National Health Account (NHA) agar dapat digunakan untuk penajaman perencanaan dan intervensi pembiayaan kesehatan.

Baca Juga : IPB University Dipercaya Menjadi Koordinator SUIJI Consortium 2024

“Saya berharap mahasiswa yang akan menjadi dokter di IPB nantinya dapat bekerja sama, karena saya percaya IPB University adalah salah satu perguruan tinggi terbaik yang memiliki kekuatan dalam bidang matematika, kimia, dan biologi, sehingga nanti akan ada mahasiswa yang akan menggantikan posisi saya untuk bisa membagikan ilmunya kepada masyarakat,” tandasnya. (*)

Editor : Yosep