25 radar bogor

Jaring Minat dan Bakat Siswa, SMK Amaliah 1 & 2 Bogor Gelar Education Fair Season VI

Lomba futsal peserta Education Fair Season VI SMK Amaliah 1 & 2 Kabupaten Bogor. Septi/Radar Bogor

CIAWI-RADAR BOGOR, Menjaring minat dan bakat siswa, SMK Amaliah 1 & 2 menggelar Education Fair SMP/MTs Sederajat Season VI.

Berlangsung mulai Selasa, 6-12 Februari 2024, event SMK Amaliah ini diikuti puluhan peserta perwakilan SMP di Kota dan Kabupaten Bogor.

Berbagai kategori perlombaan diadakan dalam kegiatan tahunan SMK Amaliah.

Seperti Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB), Mobile Legend Bang Bang (MLBB), Futsal, Vocal, Tari, Lomba Cerdas Cermat (LCC) serta Video Tiktok.

Baca juga: Perdalam Wawasan, Peserta Didik SMK Amaliah Eksplorasi KRB dan Museum Kepresidenan

Event ini dibuka oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, yang dihadiri Kepala SMK Amaliah 1, Tisna Sudrajat, Kepala SMK Amaliah 2, Gugun Gunadi dan seluruh peserta pada Selasa (6/2).

Kepala SMK Amaliah 1 Tisna Sudrajat mengatakan, Education Fair ini digelar dengan tujuan mencari bakat dari siswa-siswa untuk nantinya diberikan beasiswa jalur prestasi.

“Selain lebih memperkenalkan SMK Amaliah di Ciawi, Bogor ini, tentu kami juga mencari bakat-bakat dari siswa-siswa SMP di sekitar sekolah kami,” ucapnya usai membuka event tersebut.

Sesuai dengan visi menjadi sekolah menengah kejuruan berkualitas yang menyatu dalam tauhid, kata Tisna, SMK Amaliah 1 & 2 terus mengembangkan berbagai program.

Selain rutin mengadakan Education Fair, pihaknya juga fokus dalam penguatan kompetensi yang bekerja sama sektor industri, dan juga pengembangan sarana dan prasarana sekolah.

Saat ini terdapat total 8 jurusan di SMK Amaliah.

Di antaranya Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Animasi, dan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) untuk SMK Amaliah 1.

Sedangkan di SMK Amaliah 2 terdapat 5 jurusan di antaranya Manajemen Perkantoran (MP), Akuntansi (AK), Layanan Perbankan Syariah (LPS), Bisnis Retail (BR), Desain dan Produksi Busana (DPB)

Tisna Sudrajat berharap, event Education Fair ini bisa memberikan manfaat bukan hanya bagi SMK Amaliah, namun juga siswa-siswa di tingkat SMP.

“Kemudian harapannya dapat lebih mengenalkan SMK Amaliah dan membuat sekolah kami lebih maju dalam bidang prestasi,” harapnya.

Kemudian Kepala SMK Amaliah 2, Gugun Gunadi menyampaikan, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan pengalaman siswa-siswi SMP di masa yang akan datang.

“Education Fair ini merupakan ajang yang sangat penting bagi kami untuk melihat potensi siswa-siswa SMP dalam berbagai bidang.

Pihaknya berharap, event ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bakat mereka.

Tetapi juga untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat-bakat potensial yang ada di kalangan mereka.

“Melalui partisipasi dalam perlombaan dan aktivitas lainnya, siswa dapat mengeksplorasi minat mereka secara lebih mendalam dan memperoleh pengalaman berharga yang dapat membantu mereka dalam pengambilan keputusan karir di masa depan,” tutur Gugun

Sementara itu, Kepala Pelaksana Education Fair, Gilang Gumilar mengatakan, mata perlombaan Education Fair tahun ini jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Tampil Memukau, SMK Amaliah 2 Raih Prestasi Gemilang di Audisi “Pesona Kreativitas Siswa 2023”

Terdapat 7 mata lomba dalam kegiatan di SMK Amaliah, di antaranya Futsal sebanyak 16 peserta, LKBB 13 peserta, Tari 8 peserta, vocal 12 peserta, LCC 7 peserta, kemudian MLBB dan Video Tiktok.

“Kegiatan Education Fair SMK Amaliah di mulai pada Selasa, (6/2) hari ini dan ditutup sekaligus pengumuman pada Senin (12/2) depan,” pungkasnya.

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari