25 radar bogor

Perdalam Wawasan, Peserta Didik SMK Amaliah Eksplorasi KRB dan Museum Kepresidenan

SMK Amaliah
SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi mengadakan kunjungan ke Kebun Raya Bogor dan Museum Kepresidenan RI, dalam rangka memperdalam wawasan.

BOGOR – RADAR BOGOR, SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi mengadakan kunjungan ke Kebun Raya Bogor dan Museum Kepresidenan RI, dalam rangka memperdalam wawasan tentang Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dan sejarah.

Baca Juga : Tampil Memukau, SMK Amaliah 2 Raih Prestasi Gemilang di Audisi “Pesona Kreativitas Siswa 2023”

Kunjungan ini dilaksanakan selama dua hari, diawali oleh SMK Amaliah 2 Ciawi pada Selasa (23/1/2024) dan dilanjut peserta didik SMK Amaliah 1 Ciawi pada Senin (30/1/2024). Kunjungan ini diikuti oleh 387 peserta didik kelas X dan didampingi oleh 43 guru pembimbing.

Kepala SMK Amaliah 1, Tisna Sudrajat mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas yang dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan.

“Kunjungan ini tidak hanya dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap wawasan IPAS dan Sejarah Indonesia, tapi juga bisa memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan nyata serta suasana pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik,” kata Tisna.

Perjalanan ini diawali dengan kunjungan ke Kebun Raya Bogor, dimana peserta didik dapat mengeksplorasi dan menganalisa keragaman flora yang ada di Indonesia khususnya yang tumbuh di Kebun Raya Bogor.

Melalui pengamatan langsung, harapannya peserta didik dapat menyadari pentingnya pelestarian keanekaragaman flora yang ada.

Perjalanan dilanjutkan ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, di tempat ini peserta didik dapat mendalami sejarah secara langsung khususnya jejak para pemimpin bangsa.

Pada sesi ini, peserta didik juga menerima wawasan lebih dalam tentang peran para pemimpin bangsa dalam membentuk Indonesia.

Peserta didik terpukau melihat koleksi yang menggambarkan sejarah perjalanan bangsa, berbagai dokumentasi peristiwa penting dapat mereka lihat secara langsung, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang interkatif dimana peserta didik aktif berdiskusi dengan ahli museum yang memandu proses pembelajaran ini.

Kepala SMK Amaliah 2, Gugun Gunadi menyampaikan melalui perjalanan ini dapat menyadarkan peserta didik untuk mengapresiasi nilai-nilai kebangsaan dan nilai kepemimpinan dalam sejarah Indonesia.

Baca Juga : SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi Sukses Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

“Selain meningkatkan pemahaman mendalam mengenai sejarah para pemimpin Indonesia, melalui kunjungan ini dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk memberikan apreasi pada nilai-nilai kebangsaan dan kepemimpinan dalam lembaran sejarah di Indonesia” ucap Gugun.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan plakat sebagai bentuk terima kasih SMK Amaliah 1 dan 2 Ciawi kepada pihak Museum Kepresidenan RI atas terlaksananya kegiatan ini. (*)

Editor : Yosep