25 radar bogor

Film ‘Sleep’ Dapat Penghargaan di Festival Film Prancis, Mendiang Lee Sun Kyun Pasti Senang Disana

Film 'Sleep' Dapat Penghargaan di Festival Film Prancis, Mendiang Lee Sun Kyun Pasti Senang Disana (sumber: jawapos.com)

SEOUL – RADAR BOGOR, Film Korea Selatan yang disutradarai oleh Jason Yu dan berjudul ‘Sleep’, yang dibintangi oleh Jung Yu Mi dan mendiang Lee Sun Kyun, berhasil meraih penghargaan. Festival film horor tahunan di Prancis memberikan penghargaan film terbaik kepada ‘Sleep’, demikian dilaporkan oleh penyelenggara dan dikutip oleh JawaPos.com dari Yonhapnews pada Senin (29/1).

Dalam debut fitur Jason Yu, ‘Sleep’ berhasil meraih Grand Prix di Festival International du Film Fantastique de Gerardmer, yang telah memberikan penghargaan kepada film-film genre horor, misteri, dan fiksi ilmiah terbaik sejak tahun 1994.

Baca Juga: Reporter MBC Korea Dikecam Oleh Fans Dianggap Mengolok Minji NewJeans

Film ini bergabung dengan daftar film-film Korea Selatan yang berhasil meraih penghargaan di festival tersebut, seperti ‘Janghwa, Hongryeon’ karya Kim Jee Woon dan ‘Bedeviled’ karya Jang Cheol Soo yang masing-masing memenangkan penghargaan utama pada tahun 2004 dan 2011.

Cerita ‘Sleep’ berfokus pada kehidupan pasangan pengantin baru, Soo Jin (Jung Yu Mi) dan Hyun Soo (Lee Sun Kyun), yang diubah menjadi mimpi buruk karena perilaku tidak normal Hyun Soo selama tidurnya. Film ini juga diputar enam kali di Cannes Critics’ Week 2023, yang menyoroti karya-karya sutradara baru dalam film pertama dan kedua mereka.

Baca Juga: Siskaeee, Tersangka Film Porno, Terkena Kontroversi Gangguan Jiwa dan Pemeriksaan Urine Negatif

‘Sleep’ menjadi penampilan terakhir Lee Sun Kyun sebelum meninggal dunia pada akhir Desember 2023. Kepergiannya mengundang perhatian publik ketika polisi menerima panggilan darurat mengenai surat pesan bunuh diri yang ditinggalkan olehnya.

Meskipun terdapat laporan adanya briket arang yang menyala di mobilnya, yang menunjukkan kemungkinan bunuh diri, pada bulan Oktober 2023, Lee Sun Kyun sebelumnya diselidiki oleh polisi terkait penggunaan obat-obatan terlarang, meskipun hasil tes narkoba memberikan hasil negatif.

Awal Januari 2024, tokoh-tokoh terkemuka industri hiburan Korea Selatan, seperti sutradara berprestasi Bong Joon Ho, penyanyi dan penulis lagu Yoon Jong Shin, aktor Kim Eui Sung, dan produser film Jang Won Seok, menyerukan penyelidikan menyeluruh terhadap penyebab kematian Lee Sun Kyun.

Baca Juga: Peringati Hari Ulang Tahun Aminah Cendrakasih, Google Buat Coretan Doodle

Serikat pekerja juga mendesak aparat penegak hukum untuk mengevaluasi setiap kesalahan atau prosedur yang mungkin terjadi dalam penyelidikan penyalahgunaan narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun.

Kelompok ini juga mendesak media untuk menghentikan liputan invasif dan publikasi informasi tidak berdasar serta meminta pemerintah untuk meninjau kembali undang-undang guna mencegah kejadian serupa di masa depan. (jpg/sonya-pkl)
Editor: Yosep