25 radar bogor

Peringati Hari Ulang Tahun Aminah Cendrakasih, Google Buat Coretan Doodle

JAKARTA – RADAR BOGOR, Ketika pengguna internet di Indonesia membuka laman pencarian Google, mereka akan menemukan sesuatu yang istimewa. Doodle khas Google, pada Senin (29/1), mengabadikan legenda layar kaca Indonesia, Aminah Cendrakasih, yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada hari ini pada tahun 1938.

Dalam Doodle tersebut, Aminah Cendrakasih digambarkan dengan penuh bunga sebagai penghormatan pada ulang tahunnya.

Baca Juga : Ikuti Google Map ke Rumah Teman, Warga Bekasi Ini Malah Tersesat di Hutan Tengah Malam

Google menjelaskan secara ringkas mengenai Aminah Cendrakasih, yang merupakan anak dari seorang komedian dan seorang aktris.

Karir Aminah Cendrakasih di dunia hiburan dimulai pada tahun 1955 dengan debutnya di “Oh, Ibuku.” Dia kemudian berakting bersama ibunya di “Gambang dari Semarang” dan meraih peran utama pertamanya dalam “Ibu dan Putri.”

Baca Juga : Ngaku Ikuti Google Map, Pengendara Motor Malah Masuk Tol Jagorawi ke Arah Puncak

Ketenarannya melejit setelah penampilan karismatiknya dalam film tari populer “Serampang 12,” yang berkisah tentang cinta dewasa dan memikat penonton di seluruh Indonesia.

Dalam beberapa dekade berikutnya, Aminah Cendrakasih memerankan lebih dari 100 karakter dalam acara dan film terkenal seperti “Taman Harapan” serta berperan sebagai Mak-Nyak di “Si Doel Anak Sekolahan.” Prestasinya diakui dengan dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

Google mengakhiri penjelasan Doodle dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada Aminah Cendrakasih, sambil menambahkan bahwa karya film dan acaranya terus menghibur pemirsa di seluruh dunia.

Baca Juga : Naik dari Jalur Cibedug, 13 Pendaki Tersesat di Gunung Pangrango

Perlu dicatat bahwa Aminah Cendrakasih, yang dikenal sebagai Mak-Nyak dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan,” meninggal dunia pada 21 Desember 2022, pada usia 84 tahun. Aminah meninggal setelah berjuang melawan penyakit glaukoma dan mengalami kehilangan penglihatan sejak 2007. (jpg/sonya-pkl)
Editor : Yosep