25 radar bogor

Jepang Mewajibkan Turis Indonesia Bebas TBC Saat Masuk Negaranya

Jepang mewajibkan turis Indonesia bebas TBC untuk masuk ke negaranya

JAKARTA-RADAR BOGOR, Jepang memperketat seleksi terhadap jalur masuk turis guna memutuskan perang terhadap penyakit tuberkulosis (TBC).

Baca Juga: Tembus 62 Orang, Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Jepang Terus Bertambah

Jepang mewajibkan turis asing yang boleh masuk ke negaranya sudah bebas TBC, Termasuk salah satunya dari turis Indonesia.

Dilansir dari Travel Weekly Asia, Kamis 4 Januari 2024, Jepang sedang membuat pengaturan akhir untuk menerapkan sistem pengujian tuberkulosis (TB) bagi pengunjung dari enam negara. Menteri Kesehatan Keizo Takemi menyebut negara itu yakni Tiongkok, Indonesia, Myanmar, Nepal, Filipina, dan Vietnam sebagai negara dengan jumlah pelancong terbanyak yang terdiagnosis TBC saat berada di Jepang.

Pada tanggal yang akan ditetapkan tahun depan, masyarakat di negara-negara tersebut akan diminta untuk melakukan tes TBC di institusi medis yang ditunjuk pemerintah Jepang sebelum mereka melakukan perjalanan ke Jepang. Jika hasil tes mereka positif, Jepang tidak akan mengeluarkan visa kepada mereka.

Menurut Kementerian Kesehatan, terdapat 10.235 pasien TBC baru yang terdaftar di Jepang pada tahun 2022, dimana hampir 12% di antaranya berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Pasca Gempa, Di susul Kebakaran Hebat di Ishikawa Jepang

Apa itu TBC?

Disebutkan dalam laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Tuberkulosis sering disingkat TB atau TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan organ tubuh yang diserang biasanya adalah paru-paru, tulang belakang, kulit, otak, kelenjar getah bening, dan jantung.

Bagaimana penularan TB?

Penularan atau infeksi terjadi saat kuman TB yang berada dan bertebaran di udara terhirup oleh orang lain. Saat penderita TB batuk atau bersin tanpa menutup mulut, bakteri akan tersebar ke udara dalam bentuk percikan dahak atau droplet. Bakteri menyebar ke saluran pernapasan menuju paru-paru dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. (NET/Firda-PKL)

Editor: Yosep