25 radar bogor

Tembus 62 Orang, Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Jepang Terus Bertambah

Beberapa bangunan hancur akibat gempa bumi Jepang.

RADAR BOGOR, Jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi Jepang terus bertambah. Hingga Rabu (3/1/2024), jumlah korban jiwa mencapai 62 orang.

Korban akibat gempa bumi Jepang itu sebagian besar berasal dari wilayah Noto, Wajima, dan Suzu, di prefektur Jepang. Daerah ini terkena dampak paling parah di mana ratusan bangunan hancur dan rata dengan tanah.

“Sedikitnya 62 orang dipastikan tewas dan lebih dari 300 orang terluka. 20 di antara korban itu mengalami luka serius,” ungkap otoritas Jepang dalam sebuah pernyataan seperti dimuat AFP.

Baca Juga: Banten Diguncang Gempa Bumi M5.9, Begini Analisa BMKG

Jumlah korban diperkirakan akan bertambah seiring dengan kesulitan yang dihadapi tim penyelamat yang berjuang melawan gempa susulan dan cuaca buruk untuk menemukan korban di antara reruntuhan.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan peringatan hujan lebat di prefektur tersebut. “Waspada terhadap tanah longsor hingga Rabu malam,” kata JMA.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dalam waktu 40 jam setelah gempa pihaknya mendapat banyak informasi mengenai banyaknya korban yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Pasca Gempa, Di susul Kebakaran Hebat di Ishikawa Jepang

“Kita sedang berpacu dengan waktu dan terus melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa, mengutamakan nyawa orang lain,” kata Kishida dalam sebuah pernyataan.

Sejak gempa berkekuatan 7,6 magnitudo melanda Ishikawa pada Senin (1/1), banyak banyak kota yang tidak mempunyai air bersih. Bahkan listrik di hampir 34.000 rumah telah padam selama berjam jam.

Jepang mencabut semua peringatan tsunami setelah gelombang setinggi setidaknya 1,2 meter (empat kaki) menghantam kota Wajima dan serangkaian tsunami kecil dilaporkan di tempat lain.

Kereta peluru Shinkansen dan jalan raya kembali beroperasi pada Selasa (2/1), setelah sebelumnya beberapa ribu orang terdampar selama hampir 24 jam akibat gempa.(net)