25 radar bogor

Pemkab Bogor Luncurkan Kartu Bodas, Pelajar di Bogor Dapat Bantuan Hingga 300 Ribu

Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan Kartu Bodas (Bogor Cerdas) tahun 2023. Merupakan program Pancakarsa yakni Karsa Bogor

CIBINONG–RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan Kartu Bodas (Bogor Cerdas) tahun 2023. Merupakan program Pancakarsa yakni Karsa Bogor Cerdas.

Kartu ini diluncurkan untuk menunjang kegiatan belajar siswa-siswi kurang mampu.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, Kartu Bodas ini merupakan wujud implementasi janjinya kepada masyarakat dalam mewujudkan Karsa Bogor Cerdas.

Baca juga: Percepat Penurunan Stunting, Pemkab Bagikan Bantuan Nutrisi Tambahan Bagi Bayi

“Alhamdulillah hari ini bisa kita wujudkan, kita kembali luncurkan Kartu Bogor Cerdas di tahun 2023, yang merupakan bantuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, diberikan kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu yang terdata dalam Dapodik dan belum terlayani Program Indonesia Pintar,” ujar Iwan Setiawan dalam peluncuran Kartu di Auditorium Sekretariat Daerah, Cibinong, Selasa (5/12).

Peluncuran Kartu Bodas ini, kata Iwan, merupakan bukti keberpihakan pemerintah daerah pada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bogor.

Dia berharap, pimpinan Kabupaten Bogor ke depan dapat mempertahankan program yang bermanfaat untuk masyarakat salah satunya Kartu Bodas ini.

Menurutnya, dalam menyambut Indonesia Emas 2045, masyarakat harus mampu mengambil manfaat dari era bonus demografi. Maka diperlukan persiapan agar masyarakat dapat produktif dan berdaya saing.

“Jika Kartu Bogor Cerdas dijalankan dengan baik, insya Allah dapat meningkatkan capaian rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bogor. Serta tercipta generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berdaya saing dan berakhlak mulia. Demi mewujudkan Karsa Bogor Cerdas dan cita-cita Indonesia Emas,” ungkap Iwan Setiawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menjelaskan, Kartu Bogor Cerdas akan diberikan kepada kepada siswa SD dan SMP yang kurang mampu dan belum terlayani program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Baca juga: Dorong Pelayanan Kesehatan Terintegrasi, Komisi IX DPR RI Kunker ke Pemkab Bogor

“Kartu Bogor Cerdas pada tahun 2023 ini akan disalurkan bantuan kepada 19.184 siswa SD dengan bantuan sebesar Rp. 250.000 per orang. Kemudian 8.876 siswa SMP dengan bantuan sebesar Rp. 300.000 per orang,” jelasnya.

Bantuan akan langsung disalurkan melalui rekening perbankan BJB masing-masing penerima. Total besaran dana yang disalurkan sebanyak Rp. 4.787.000.000 untuk jenjang SD dan Rp. 2.662.800.000 untuk jenjang SMP yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari