25 radar bogor

Imbas Longsor Batutulis, Pipa Milik Perumda Tirta Pakuan Hancur

Imbas Longsor Batutulis, Pipa Milik Perumda Tirta Pakuan Hancur

BOGOR-RADAR BOGOR, Hujan deras yang melanda Kota Bogor, menyebabkan tebingan di Jalan RE Sumantadiredja, yang menjadi akses satu-satunya ke arah Stasiun Batutulis Bogor, dan akses masyarakat di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, mengalami longsor pada Kamis (16/11).

Imbas bencana longsor tersebut, juga menyebabkan material longsoran menimpa pipa milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, sehingga menyebabkan kebocoran.

Baca juga: Akibat Longsor, Akses Lawanggintung-Batutulis Ditutup, Ini Jalur Alternatifnya

Direktur Perumda Tirta Pakuan, Ardani Yusuf menjelaskan, setelah mendapati adanya laporan, tim perbaikan dari bagian teknik sudah langsung menuju titik kebocoran.

“Yang kami perbaiki adalah pipa HDPE 12″ (emergency), di mana akan berdampak aliran ke jalur inline pump wilayah zona 3B,” kata Ardani Yusuf.

Menurut dia, imbas longsor tersebut menyebabkan gangguan kepada pelanggan yang berada di Kelurahan Pasir Jaya, Pasir Mulya, Pasir Kuda, Gunung Batu, Loji.

Kemudian, Sindang Barang, Bubulak, Situgede, Margajaya dan Balumbang jaya.

“Tim kita akan melakukan perbaikan malam ini juga. Secepatnya bisa diselesaikan (perbaikan). Kondisi sekarang, aliran air sudah dimatikan sementara,” ucapnya Ardani.

Ditambahkan Ardani, kendalanya dalam melakukan perbaikan pipa tersebut, adalah letak kebocoran atau kerusakan yang berada di pinggir tebingan.

Baca juga: Puluhan Rumah Rusak Imbas Underpass Batutulis, Kontraktor Janjikan Perbaikan

“Banyak patahan jalan atau material longsoran, jadi harus dilakukan secara hati-hati,” kata dia.

Diketahui, kondisi arus lalu lintas di sekitar longsoran juga menjadi tersendat. Diimbau kepada pengguna jalan untuk mencri jalur alternatif lain karena kondisi jalan yang menyempit.(ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari