25 radar bogor

Puluhan Rumah Rusak Imbas Underpass Batutulis, Kontraktor Janjikan Perbaikan

rumah warga retak akibat proyek underpass batutulis
Warga memperlihatkan kerusakan yang terjadi di rumahnya imbas getaran proyek Underpass Batutulis di Kota Bogor, Rabu (2/8). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kontraktor proyek pembangunan Underpass Batutulis angkat suara terkait sejumlah rumah warga yang rusak imbas pengerjaan.

Baca Juga : Warga Tagih Janji Perbaikan Rumah Imbas Proyek Underpass Batutulis

Adapun, saat ini warga terdampak yang tinggal di Gang Dalam, RW 08, Kelurahan Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor itu tengah menagih janji terkait perbaikan rumah kepada pihak kontraktor Underpass Batutulis, dalam hal ini PT Yasapola Remaja.

Site Manager dari PT Yasapola Remaja, Dani Radite mengatakan, sebenarnya terkait dengan kerusakan rumah milik warga dampak dari pembangunan Underpass Batutulis ini sudah ditindaklanjuti.

“Sudah kita tindaklanjuti, kita sudah berkoordinasi dengan Pak RW setempat dan kita sudah mengunjungi rumah warga yang terdampak,” kata Dani.

Namun demikian, dijelaskan Dani Radite terkait dengan perbaikan rumah warga yang terdampak, berdasarkan hasil koordinasi yang sudah dilakukan, pihaknya akan memperbaiki pada pertengahan bulan ini.

“Kita sudah berkoordinasi dan sudah komitmen yang diwakilkan oleh RW dan Paguyuban, untuk perbaikannya di tengah bulan Agustus menunggu pekerjaan pancangnya selesai,” ujar Dani.

Sebelumnya, warga terdampak proyek pembangunan Underpass Batutulis menagih janji perbaikan rumah yang rusak dari pihak kontraktor.

Sebab, warga terdampak proyek Underpass Batutulis yang berada di Gang Dalam, RW 08, Kelurahan Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor itu dijanjikan rumahnya akan diperbaiki pada awal bulan Juli kemarin.

“Sempat ada survei dari orang proyek (dijanjikan perbaikan) bulan Juni, dia bilang mau ada pembetulan (rumah) buat warga. Tapi sampai bulan ini nggak ada kabar,” kata warga terdampak, Yanuar Ahyar (41).

Yanuar Ahyar mengaku sempat dijanjikan pervaikan tanggal 1 Juli namun hingga kini belum ada tindak lanjut terkait dengan rencana perbaikan rumah yang terdampak.

Atas itu, dirinya meminta agar perbaikan rumah ini segera diwujudkan pihak kontraktor. Dan, kompensasi ini diberikan berupa uang, agar perbaikan dilakukan secara mandiri pihaknya.

Baca Juga : Puluhan Rumah Rusak Imbas Proyek Stasiun Batutulis, Begini Kata Dedie

“Kalau bisa mending uangnya aja. Perbaiki sendiri. Soalnya sempat waktu ada wacana perbaikan, tertulis 1 kali perbaikan. Kalau rusak lagi, dia gak mau ganti,” ucap pria yang mengaku sejak kecil tinggal di Gang Dalam, Kelurahan Lawang Gintung itu. “Makanya saya keberatan kalau diperbaiki satu kali doang, soalnya proyek masih berjalan lama,” sambung dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep