25 radar bogor

Pembangunan Sky Bridge Stasiun Bogor Capai 65 Persen, Beroperasi Januari 2024

Sky Bridge
Pembangunan Sky Bridge Stasiun Bogor dan Paledang sudah mencapai 65 persen. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Memasuki awal Bulan Oktober 2023, progres pembangunan jembatan layang atau sky bridge yang menyambungkan Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang semakin tampak. Rangka sky bridge itu kini sudah tersambung dan melintang di atas Jalan Kapten Muslihat.

Baca Juga : Imbas Pembangunan Sky Bridge, Jalan Kapten Muslihat Ditutup Malam Hari

Kepala Balai Teknik Perkeretapian (BTP) Bandung, Chandrawan Adhiputranto mengungkapkan saat ini proyek sky bridge Bogor-Paledang sudah mencapai progres 65 persen. Pihak pekerja sudah hampir menuntaskan pekerjaan struktur dan mulai mengerjakan bafian arsitektur.

“Sejauh ini berjalan sesuai dengan target. Ditargetkan selesai pada Bulan Desember 2023 dan mulai beroperasi pada Januari 2024 mendatang,” ujarnya kepada Radar Bogor Sabtu (7/10/2023).

Chandrawan mengungkapkan, sky bridge ini nantinya akan difasilitasi dengan lift dan eskalator di titik Stasjun Paledang maupun Stasium Bogor. Ini dilakukam untuk mempermudah mobilitas para difabel. Dirinya menyebut, sky bridge ini juga akan menyediakan ruang bagi tenant-tenant dan UMKM.

Jembatan yang mulai dibangun pada September 2023 itu berfungsi sebagai penghubung antara Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang. Jembatan ini menjadi penunjang keamanan penumpang yang melintas jalan Kapten Muslihat.

Baca Juga : Aset JPO Paledang Dihapus, Dibongkar Usai Sky Bridge Rampung

“Sky bridge ini juga menunjang Stasiun Paledang sebagai stasiun awal kereta lokal antar kota atau kabupaten dan mendukung transit oriented development (TOD) Kota Bogor,” jelas Chandrawan.

Pekerjaan erection girder proyek sky bridge ini sempat menutup Jalan Kapten Muslihat. Penutupan berlangsung 2 kali pada Senin (25/9) dan Selasa (26/9) malam. Chandrawan menegaskan, di sisa pembangunan jembatan ini pihaknya tidak akan menutup ruas jalan tersebut. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep