radar bogor

Aset JPO Paledang Dihapus, Dibongkar Usai Sky Bridge Rampung

Pembangunan sky bridge bakal menghubungkan Stasiun Bogor, Alun-Alun, dan Stasiun Paledang dan memudahkan penyeberangan para pejalan kaki.(Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Paledang Kota Bogor rencananya akan dibongkar. Imbas pembangunan sky bridge yang menghubungkan Stasiun Bogor, Alun-Alun, dan Stasiun Paledang.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah mengusulkan penghapusan aset atas JPO Paledang.

Baca Juga: Hampir Rampung, JPO Jambu Dua Dibuka Setelah Lebaran

JPO tersebut sebelumnya juga sempat viral lantaran kondisinya yang sudah lapuk dimakan waktu.

“Mungkin pada prinsipnya setelah (sky bridge) jadi, kita akan bereskan. Tapi, penghapusan asetnya sudah kita usulkan dan sudah disetujui,” kata Dedie, belum lama ini.

Dedie menambahkan, setelah dibongkar, nantinya tidak ada lagi JPO di depan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bogor.

Di samping itu, Pemkot Bogor juga menginginkan agar konsentrasi penumpang Stasiun Bogor diarahkan ke Alun-Alun Kota Bogor.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dari pihak Stasiun Bogor, diperkirakan ada 46.000 orang setiap harinya yang memanfaatkan akses JPO tersebut menuju Stasiun Bogor.

“Itu supaya tidak terlalu banyak titik kemacetan yang ditimbulkan oleh masyarakat (pengguna) kereta api,” jelasnya.

Pemkot Bogor juga bakal mencari solusi untuk pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan tersebut. Mulai dari Alun-Alun, JPO, hingga Stasiun Bogor.

Dedie pun menanyakan kemungkinan adanya stand khusus untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sky bridge yang tengah dibangun oleh Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Skybridge Paledang, Progres Mencapai 36 Persen

Lantaran para PKL yang sudah berjualan lama di sekitar kawasan tersebut kerap kucing-kucingan dengan petugas.

“Kalaupun ada, kita nanti koordinasikan. Itu mungkin akan kita prioritaskan kita akan tata dan selesaikan dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada,” ujarnya.

Diketahui, BTP Bandung tengah membangun sky bridge atau jembatan layang penghubung Stasiun Bogor dan Paledang sejak Desember 2022.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto