25 radar bogor

Masa Jabatan Bima Arya Berakhir Desember, DPRD Tunggu Surat Kemendagri Tentukan Pj Wali Kota

Wali Kota Bogor, Bima Arya. (Radar Bogor/Dede)

BOGOR-RADAR BOGOR, Masa Jabatan Bima Arya sebagai Wali Kota Bogor, dan Wakilnya, Dedie A Rachim akan berakhir Desember ini.

DPRD Kota Bogor mengaku masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait usulan 3 nama calon Penjabat atau Pj Wali Kota Bogor.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengatakan, DPRD ditargetkan mengirimkan 3 nama calon Pj Wali Kota Bogor pada November 2023.

Baca juga: Lima Orang Ditetapkan Jadi Tersangka PPDB Kota Bogor, Bima Arya Bilang Begini

Namun sebelum mengirimkan 3 nama calon Pj Wali Kota Bogor, DPRD saat ini masih menunggu surat terlebih dahulu dari Kemendagri.

“Mengerucut pada November 2023 karena saat itu kami harus kirimkan surat usulan nama Pj Wali Kota Bogor ke Kemendagri. Jadi kami tunggu itu dulu (surat). Setelah itu, kami tindak lanjut dengan mengusulkan 3 nama (Pj Wali Kota Bogor, red),” kata Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, baru-baru ini.

Atang Trisnanto menjelaskan, pada Oktober 2023 ini mungkin saja nama calon Pj Wali Kota Bogor sudah mulai mengkristal dari masing-masing fraksi di DPRD Kota Bogor.

“(Mungkin) sudah ada pandangan. Nanti sistemnya adalah rapat konsultasi pimpinan dengan para ketua fraksi, untuk mengerucutkan 3 nama calon Pj Wali Kota Bogor yang kita usulkan,” ucap dia.

Namun ia mengaku hingga saat ini, belum ada usulan calon nama Pj Wali Kota Bogor yang dibahas di DPRD Kota Bogor.

Baca juga: 71 Sekolah Setop Ekstrakurikuler, Bima Arya Bilang Begini

Diketahui, Jabatan Wali Kota Bogor disebut akan habis pada Desember 2023 mendatang dan digantikan Pj Wali Kota Bogor.
Sebelum Pj Wali Kota Bogor, beberapa kepala daerah di Jawa Barat sudah menanggalkan jabatannya dan diganti Pj Wali Kota dan Pj Bupati.

Adanya masa transisi menjelang Pemilu 2024 serentak, kursi beberapa kepala daerah bakal diisi oleh Penjabat atau Pj, termasuk kursi Pj Wali Kota Bogor pada akhir tahun 2023.

Diketahui, masa jabatan Wali Kota Bima Arya dan Wakil Wali Kota Dedie Rachim baru akan berakhir akhir Desember 2023. (ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari