25 radar bogor

Pemeriksaan Cak Imin Dinilai Politis, KPK Bilang Begini

Cak Imin
Cak Imin diperiksa KPK

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemeriksaan terhadap Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin oleh KPN dinilai bernuansa politik.

Baca Juga : Tak Bisa Penuhi Panggilan KPK, Cak Imin Minta Dijadwalkan Ulang

Sedianya, bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan itu, diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan alat proteksi sistem tenaga kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), pada Selasa (5/9/2023).

Namun, Cak Imin berhalangan hadir dengan alasan akan membuka acara MTQ Internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tudingan pemeriksaan Cak Imin bernuansa politik dibantah Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.

“Sebetulnya Pak Ketua kan sudah menyampaikan bahwa KPK tidak terikat dengan tahun politik, tetap biar bagaimanapun penegakan hukum itu harus berkepastian juga, transparan, akuntabel dan menaati hak asasi orang dan kesamaan orang di depan hukum,” kata Alex di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Pimpinan KPK dua periode ini menegaskan, KPK tak terbentur dengan agenda pesta demokrasi 2024. Menurutnya, lembaga antirasuah tetap melakukan kerja-kerja pemberantasan korupsi untuk memberikan kepastian hukum.

“Jadi kita nggak melihat tahun politik itu sebagai halangan melakukan upaya-upaya penegakan hukum,” tegas Alex.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie aliad Gus Choi menanggapi pemanggilan bakal cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Cak Imin sebagai saksi kasus dugaan korupsi Kemenaker. Ia menilai, agenda pemeriksaan Cak Imin oleh KPK kental nuansa politik.

“Kasus 2012 setelah tiga orang yang sudah diproses dengan hukum, sudah berhenti. Sudah lama sepi, sudah lama kelihatan enggak ngapa-ngapain. Selama 13 tahun tidak ada kelanjutan proses hukum,” ungkap Gus Choi di DPP Partai NasDem, Jakarta.

Baca Juga : Dapat Surat Panggilan KPK, Cak Imin Diminta Kooperatif

Elite Partai NasDem ini menduga, agenda pemeriksaan Cak Imin itu kental nuansa kepentingan politik. Pasalnya kasus itu bergulir sejak 2012 lalu.

“Tiba-tiba begitu Cak Imin dideklarasikan sebagai cawapres, tiba tiba muncul dari KPK. Tentu ada pikiran yang berbeda, ini ada apa, ini betul proses hukum atau ini politik?” pungkas Gus Choi. (jpg)

Editor : Yosep