25 radar bogor

Tunggu LRT, Uji Coba Bus Transpakuan Jurusan Cibubur Diperpanjang Lagi

Bus Transpakuan bakal beroperasi hingga transportasi LRT tersambung di Kota Bogor. (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Transpakuan kembali memperpanjang masa uji coba Bus Transpakuan jurusan Cibubur yang menjadi feeder moda Light Rail Transit (LRT).

Keputusan itu disampaikan Direktur Utama Perumda Transpakuan, Rachma Nissa Fadliya. Dirinya menyebut masa uji coba diperpanjang hingga LRT resmi beroperasi.

Baca Juga: Bima Ajak Emil Patungan Tambah Bus Transpakuan Untuk Atasi Polusi

“Kami masih menunggu LRT. Karena prinsipnya ini feeder LRT jadi mau tidak mau uji coba kami perpanjang terus sampai kehadiran LRT nanti,” ucapnya di Perpustakaan Kota Bogor, Senin (21/8).

Bus Transpakuan mulai diujicobakan pada Senin, 24 Juli 2023 lalu. Uji coba yang awalnya hanya sampai tanggal 4 Agustus 2023 itu kemudian diperpanjang hingga tanggal 18 Agustus 2023.

Dirinya belum dapat memastikan sampai kapan masa uji coba ini berlangsung. Pihaknya belum mendapat informasi mengenai waktu operasional LRT. Namun, ia berharap LRT dapat segera beroperasi.

Nissa (sapaan akrabnya) mengatakan, tidak ada perubahan tarif dalam di masa ujicoba kali ini. Sekali perjalanan penumpang dikenakan tarif sebesar Rp15 ribu.

Begitu pula dengan jumlah armada yang diterjunkan yakni sebanyak 2 unit bus saja. Kedua bus ini beroperasi di terminal yang berbeda, yakni Terminal Baranangsiang dan Terminal Bubulak.

“Sebetulnya kami berharap ada penambahan unit, tapi karena penumpangnya masih belum maksimal sering sepi jadi memang masih 2 unit dulu,” terang Nissa.

Bus Transpakuan jurusan Cibubur ini memang diproyeksikan bagi para pekerja asal Kota Bogor yang menuju ke Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Baca Juga: Tarif Bus Transpakuan Terlalu Mahal, Pengamat: Hanya Bersifat Pilihan

Bus ini akan mengantar penumpang dengan rute Terminal Baranangsiang-Halte Cidangiang-Halte Bellanova-Stasiun LRT Harjamukti-Halte TransJakarta Cibubur Junction dan sebaliknya

Selain itu/ Bus Transpakuan juga melayani rute Terminal Bubulak-Tol BORR-Halte Bellanova-Stasiun LRT Harjamukti-Halte TransJakarta Cibubur Junction dan sebaliknya.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto