25 radar bogor

Ada Pungli di Sekolah di Kota Bogor, Laporkan ke Nomor Ini

Pungli di sekolah

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya membuka layanan pengaduan melalui nomor 0852-1845-1813 untuk seluruh orang tua pelajar SD dan SMP, yang ingin melaporkan kasus pungutan liar atau pungli di sekolah.

Baca Juga : Kerap Bikin Macet, Sekolah Bina Insani Diminta Tambah Petugas Lalu Lintas

Pada kunjungannya ke SMPN 8 Bogor, Bima Arya sempat memberikan penguatan kepada guru dan tenaga pendidik terkait dengan praktik pungli, Senin (7/8/2023).

Bima Arya meminta agar jangan ada hal-hal yang dapat memberatkan orang tua siswa dengan budaya pragmatisme.

“PPDB sistemnya terus kita benahi, termasuk juga kebiasaan sekolah. Jangan sampai anak-anak kita dibebani, dan jangan sampai sekolah dibebani,” kata Bima Arya usai meninjau proses kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri pada Senin, (7/8/2023).

Bima Arya meminta bagi siapapun yang mendengar, melihat, dan merasakan praktik pungli di sekolah untuk melaporkan ke Sibadra dan juga ada nomor aduan yang telah disiapkan.

“Sibadra ini berlaku untuk semua. Tapi, kalau yang ini (nomor aduan) khusus di sekolah terutama pungli,” imbuh dia.

Menurut Bima Arya, ke depan tak hanya membenahi PPDB, pihaknya juga ingin membangun sistem yang tidak memberikan ruang kepada praktik pungli di sekolah.

Saat disinggung potensi pungli yang terjadi disekolah, dijelaskan Bima Arya bisa terjadi baik yang disepakati atau tanpa diketahui Komite.

Kemudian, kunjungan-kunjungan ke sekokah yang pada akhirnya membebankan biaya kepada orang tua, pembelian buku.

“Atau yang datang mengunjungi sekolah. Kemudian diberikan uang sebagai honor padahal tidak ada diaturan,” katanya. “Intinya jangan memberatkan siswa, orangtua, jangan memberatkan guru, dan sekolah,” tukas dia.

Baca Juga : Semifinal Mojang Jajaka, Bima Arya Sampaikan Tiga Konsep Pemimpin Transformasional

Spanduk layanan pengaduan tersebut sengaja dipasang di halaman sekolah SMPN 8. Adapun, layanan nomor aduan tersebut di setiap sekolah sengaja di buka Bima Arya untuk mengantisipasi praktik pungli di setiap tahun ajaran baru.

Pantauan Radar Bogor, akun pribadi Instagram Bima Arya juga masih dibanjiri aduan masyarakat yang mengeluhkan masih adanya praktik pungli. Selain ke SMPN 8 Bogor, sebelumnya Bima Arya juga mendatangi SMPN 5 Bogor, dan SMPN 12 Bogor.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep