25 radar bogor

Beredar Kabar, Joachim Low Masuk Daftar Calon Pelatih Timnas Indonesia Gantikan STY

Joachim Low
Mantan Pelatih Timnas Jerman Joachim Low

JAKARTA-RADAR BOGOR, Beredar kabar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membidik mantan pelatih Timnas Jerman, Joachim Low untuk menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Baca Juga : Masuk Grup K, Timnas Indonesia Berpeluang Lolos Kualifikasi Piala Asia U-23

Kontrak Shin Tae-yong sendiri akan habis pada Desember 2023 nanti. Lebih tepatnya usai gelaran Piala Asia 2023.

Awal kemunuculan nama Joachim Low dalam daftar pelatih pengganti Shin Tae-yong, ketika ketum PSSI Erick Thohir ingin mengambil sosok yang menempati jabatan Direktur Teknik dari Jerman.

Sempat muncul nama Akira Nishino sebagai kandidat Dirtek PSSI. Namun, Erick Thohir menepis isu tersebut. Mantan Presiden Inter Milan tersebut memastikan bahwa Dirtek PSSI yang baru berasal dari Jerman dan bekerjasama dengan DFB (PSSI-nya Jerman).

“Kita pilih Jerman karena memang kemarin kita baru saja melakukan bilateral meeting dengan Jerman saat perjalanan saya dengan bapak Presiden. Kami melihat ini potensi karena banyak sekali pemain Asia itu bermain di Liga Jerman,” ucapnya.

Jika benar Direktur Teknik PSSI nantinya dari Jerman, maka tidak menutup kemungkinan Joachim Low bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia. Sebab, Joachim Low merupakan pelatih asal Jerman.

Bahkan, Erick Thohir disebut-sebut sudah melakukan kontak dengan pihak Jerman termasuk untuk meningkatkan kualitas liga Indonesia.

Saat Erick Thohir menunjuk Joachim Low, pria Jerman ini bukan nama sembarangan karena sudah memiliki banyak pengalaman di Timnas Jerman.

Meski saat ini sedang nganggur, Joachim Low memiliki prestasi mentereng ketika menukangi Timnas Jerman. Prestasi tersebut yakni mengantarkan tim berjuluk Der Panzer itu juara Piala Dunia 2014.

Baca Juga : Resmi, Argentina Bakal Lawan Timnas Indonesia di SUGBK. Catat Nih Jadwalnya!

Menukangi Jerman selama kurang lebih 15 tahun dan memimpin 198 laga, Joachim Low juga memiliki segudang pengalaman di level klub.

Joachim Low yang saat ini berusia 63 tahun ini pernah melatih Stuttgart, Austria Vienna dan Fenerbahce. Pengalaman luar biasa yang dimiliki oleh Joachim Low tersebut dinilai menjadi faktor kuat Erick Thohir akan menunjuknya. (net/dis)

Editor : Yosep