25 radar bogor

Masuk Grup K, Timnas Indonesia Berpeluang Lolos Kualifikasi Piala Asia U-23

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia masuk Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 bersama Turkmenistan dan Taiwan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia masuk ke Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Berdasarkan hasil drawing di Malaysia, Kamis (25/5/2023) Indonesia hanya akan bertemu dengan dua lawan di Grup K yaitu, Taiwan dan Turkmenistan.

Baca Juga : Resmi, Argentina Bakal Lawan Timnas Indonesia di SUGBK. Catat Nih Jadwalnya!

Grup K berbeda dengan sepuluh grup lainnya. Grup K hanya berisi tiga tim. Sementara itu, grup A sampai grup J diisi empat tim. Pada ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024, sebelas juara grup akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23.

Lalu, empat slot sisa akan diambil dari empat runner-up terbaik. Dan, satu slot terakhir mutlak milik Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Asia U-23.

Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-23, bersyukur timnya berada satu grup dengan Taiwan dan Turkmenistan. Dia optimistis bisa membawa Garuda Nusantara lolos ke putaran final Piala Asia U-23.

Apalagi, Timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah saat menghadapi Taiwan dan Turkmenistan. Pertandingan kualifikasi akan dimainkan pada 4–12 September.

”Setelah selesai drawing, dari hotel saya langsung ke Masjid Nabawi untuk salat meminta Indonesia bisa lolos ke putaran final di Qatar,’’ ujar Indra Sjafri.

Saat drawing kualifikasi Piala Asia U-23 digelar, pelatih asal Sumatera Barat itu sedang menjalani ibadah umrah di Arab Saudi. Sepulang umrah, Indra akan berdiskusi dengan para asistennya untuk memulai persiapan.

’’Dalam waktu dekat, saya akan berdiskusi dengan semua asisten pelatih untuk mencari tahu kekuatan tim lawan,’’ tegas pelatih yang sukses membawa timnas Indonesia U-22 menjuarai SEA Games 2023 Kamboja itu.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir optimistis Timnas Indonesia lolos ke putaran final di Qatar. Kesuksesan Indonesia meraih medali emas dari pentas SEA Games 2023 menjadi salah satu faktor pendukung. Menurut menteri BUMN itu, Indonesia bisa bersaing di level Asia.

’’Peta persaingan sepak bola di Asia saat ini berimbang. Terutama di kelompok umur. Karena itu, siapa pun lawannya, persiapan kami harus maksimal,’’ ungkap Erick.

’’Saya optimistis atmosfer sepak bola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final,’’ imbuh mantan presiden klub Inter Milan tersebut.

Di Piala Asia U-23 pada 2022, Timnas Indonesia gagal lolos ke putaran final. Garuda Muda kalah dengan skor 2-3 dan 0-1 oleh Australia U-23 dalam dua kali pertemuan.

Baca Juga : Indra Sjafri Jadi Pelatih Timnas U-23, Erick Thohir Gaet Dirtek Asal Jerman

Pengunduran diri Tiongkok U-23 dan Brunei Darussalam U-23 di grup G pada babak kualifikasi saat itu juga memengaruhi nasib timnas U-23. Sehingga, grup G ketika itu hanya meloloskan Australia ke putaran final.

’’Jika di Piala Asia U-23 sebelumnya kami tidak lolos, maka cukup realistis jika kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final. Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap penggemar akan membanjiri stadion dan memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang,’’ tegas mantan pemilik saham DC United tersebut. (fiq/c6/ali)

Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

GRUP A
Jordania
Syria
Oman
Brunei Darussalam

GRUP B
Korea Selatan
Myanmar
Kirgistan
Qatar

GRUP C
Vietnam
Singapura
Yaman
Guam

GRUP D
Jepang
Bahrain
Palestina
Pakistan

GRUP E
Uzbekistan
Iran
Hongkong
Afghanistan

GRUP F
Iraq
Kuwait
Timor Leste
Makau

GRUP G
UEA
India
Maladewa
Tiongkok

GRUP H
Thailand
Malaysia
Bangladesh
Filipina

GRUP I
Australia
Tajikistan
Laos
Korea Utara

GRUP J
Arab Saudi
Kamboja
Lebanon
Mongolia

GRUP K
Turkmenistan
Indonesia
Taiwan

Editor : Yosep