25 radar bogor

Survei LSJ : Pendukung Jokowi di Pilpres 2019 Lebih Memilih Sosok Ini

ilustrasi Simulasi Pilpres 2024 Radar Bogor
ilustrasi Simulasi Pilpres 2024 Radar Bogor

JAKARTA-RADAR BOGOR, Lembaga Survei Jakarta atau LSJ melakukan riset terhadap Capres pada Pilpres 2024 mendatang. Hasilnya menunjukkan bahwa, pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lebih banyak memilih Prabowo Subianto dibandingkan Ganjar dan Anies Baswedan.

Baca Juga : Relawannya Dukung Prabowo, Gibran Dipanggil Megawati ke DPP PDIP. Nah Loh!

Direktur Riset LSJ, Fetra Adrianto mengatakan, bahwa hasil survei tersebut dilakukan LSJ pada 9 Mei sampai 17 Mei 2023 dengan metode tatap muka libatkan 1.200 responden.

“Dari hasil tersebut, terlihat bahwa Prabowo Subianto mendapatkan dukungan terbesar dari pemilih yang sebelumnya pendukung Jokowi pada Pilpres 2019, dengan persentase mencapai 44,3 persen,” kata Fetra dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

“Sementara untuk Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan sebesar 33,2 persen, diikuti oleh Anies Baswedan dengan persentase 9,8 persen dan 12,7% responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak memberikan jawaban,” sambungnya.

Sebelummya, hasil survei nasional LSJ terbaru menunjukkan dalam simulasi pertanyaan tertutup dan terbuka terkait capres yang akan responden pilih. Nama Prabowo Subianto ungguli nama capres lainnya seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Menurut hasil survei LSJ, dalam pertanyaan terbuka mengenai tokoh yang paling pantas menggantikan Presiden Jokowi, Prabowo Subianto secara signifikan menjadi nama yang paling banyak disebut oleh publik.

“Sebanyak 26,2% responden spontan menyebutkan nama Prabowo sebagai calon yang menggantikan Jokowi,” kata Direktur Riset LSJ, Fetra Adrianto.

Selain itu, kat Fetra terdapat tokoh lain yang juga menjadi top of mind publik sebagai pengganti Jokowi, yaitu Ganjar Pranowo (18,8%) dan Anies Baswedan (15,3%).

“Namun, masih ada sekitar 14,1% dari responden yang belum memiliki gambaran jelas mengenai sosok pengganti Jokowi,” ujarnya.

Sedangkan pada pertanyaan tertutup sodorkan 10 nama capres. Nama Prabowo Subianto pada hasil survei LSJ terbaru juga kembali menjadi yang pertama dengan elektabilitas tertinggi.

Baca Juga : Relawan DGP8 Resmi Dibentuk, Siap Perjuangkan Ganjar Pranowo di Bogor

Di mana, Prabowo Subianto secara konsisten mempertahankan elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024, dengan presentase 33,2%.

“Dalam setiap survei LSJ sejak Maret 2022, Prabowo selalu menduduki posisi puncak dalam elektabilitas calon presiden,” pungkasnya. (net/dis)

Editor : Yosep