25 radar bogor

Heboh! Modal Caleg di Pemilu 2024 dari Dana Peredaran Narkoba, Diungkap Bareskrim

Ilustrasi potensi kecurangan di masa tenang Pemilu 2024
Ilustrasi potensi kecurangan di masa tenang Pemilu 2024

JAKARTA-RADAR BOGOR, Modal caleg di maju di Pemilu 2024 terindikasi dari dana peredaran narkoba. Indikasi tersebut diungkap Bareskrim Polri setelah melakukan penindakan anggota legislatif di sejumlah daerah.

Baca Juga : Aldi Taher Jadi Bacaleg Dua Partai Berbeda, KPU Akan Surati Perindo dan PBB

Kombes Pol Jayadi selaku Wakil Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri menjelaskan bahwa, pihaknya menemukan indikasi adanya beberapa Bacaleg yang menggunakan dana peredaran narkoba sebagai modal caleg Pemilu 2024 di beberapa daerah.

Menurut Kombes Pol Jayadi, hal tersebut terngkap setelah pihaknya melakukan penyelidikan dari hasil penangkapan yang dilakukan terhadap anggota legislatif di beberapa daerah.

“Dari sana kami menemukan indikasi akan terjadi penggunaan dana peredaran narkoba modal caleg Pemilu 2024,” jelas Kombes Pol Jayadi.

Akan tetapi, Kombes Pol Jayadi tidak memberikan data secara detil siapa saja anggota legislatif yang dimaksud. Menurut Kombes Pol Jayadi, ada anggota DPRD yang pernah ditangkap terkait narkotika.

Masih dengan Kombes Pol Jayadi, pihaknya saat ini masih terus mendalami adanya temuan tersebut. Selain itu, pihak Bareskrim juga akan mengandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk lebih mendalami data dan fakta yang akurat.

Sedangkan Brigjen Mukti Juharsa selaku Dirnarkoba Mabes Polri menjelaskan bahwa, adanya dana peserta pemilu dari jaringan narkoba yang saat ini masih dalam status terindikasi.

Baca Juga : Terekam CCTV, Gerak-gerik Kasat Narkoba Jaktim Sebelum Tertabrak Kereta Api

“Informasi tentang dana peserta pemilu dari jaringan narkoba, baru masuk tahap dimungkinkan,” jelas Brigjen Mukti saat dihubungi Disway.Id.

Akan tetapi, Brigjen Mukti tidak memberikan informasi secara detil terkait langkah-langkah yang akan diambil oleh pihaknya terkait kabar dana peserta pemilu dari jaringan narkoba. (net/dis)

Editor : Yosep