25 radar bogor

Eks Legislator Demokrat Noriyu Lolos Lelang Jabatan Dirut RSJ Marzoeki Mahdi

Mantan Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Demokrat Nova Riyanti Yusuf. (Jawa Pos)

BOGOR-RADAR BOGOR, Mantan legislator Partai Demokrat, dokter Nova Riyanti Yusuf SpKJ berhasil lolos seleksi terbuka menjadi Direktur Utama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) Bogor.

Dokter yang akrab disapa Noriyu itu lolos lelang jabatan, meski bukan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia mengaku tidak menyangka bahwa dirinya yang non-ASN, akhirnya dapat ikut serta dalam proses seleksi terbuka Jabatan di Kemenkes.

Baca Juga: Pasien Rawat Jalan RSJMM Membludak, Antre Berjam-jam Demi Dapatkan Obat

“Dengan pemberian amanah kepada saya sebagai Direktur Utama PKJN RSMM, saya berharap bisa mengembangkan layanan kesehatan jiwa Indonesia sesuai dengan Transformasi Kesehatan Kemenkes,” kata Noriyu dikutip dari Jawa Pos, Jumat (19/5).

Noriyu juga menceritakan, dirinya sudah menyusun rencana kerja untuk mengembangkan Pusat Kesehatan Jiwa Nasional. Terutama proses pengampuan layanan kesehatan jiwa di seluruh Indonesia.
Selain itu, dia juga fokus pada pengembangan layanan kesehatan jiwa sesuai dengan 6 Pilar Transformasi Kesehatan. Meliputi transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

Dia mengatakan, perlu kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan layanan kesehatan jiwa nasional.

“Perlunya MoU dengan universitas-universitas untuk penelitian kesehatan jiwa. Juga MoU dengan instansi terkait untuk pengembangan potensi unit rehabilitasi (mengembalikan fungsi okupansi dari Orang Dengan Gangguan Jiwa),” ujar Noriyu yang juga seorang penulis buku itu.

Untuk jangka panjang, Noriyu tertarik dengan beberapa model di luar negeri yang sudah pernah ia kunjungi. Ke depan, bisa menjadi contoh dalam mengembangkan layanan kesehatan jiwa di Indonesia.

Dia mencontohkan pengalaman di Al Amal Psychiatric Hospital Dubai, dengan konsep layanan humanis bebas pelanggaran hak asasi manusia (sesuai dengan WHO Quality Rights).

Baca Juga: Korupsi Proyek RSJ Marzoeki Mahdi, Dua Tersangka Sudah Meninggal Dunia

“Termasuk juga dengan memanfaatkan teknologi untuk layanan yang cepat, berakreditasi, serta mengutamakan kepuasan pelanggan, dan memperhatikan kesejahteraan tenaga kesehatan di rumah sakit,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pelantikan Noriyu sebagai Dirut PKJN RSJMM dipimpin langsung Menkes Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (17/5) lalu.

Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) adalah rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan yang ditetapkan sebagai Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/741/2022.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto