25 radar bogor

Pasca Banjir Bandang Leuwisadeng, PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan

PLN Banjir bandang
PLN UP3 Bogor memberikan bantuan kepada warga korban banjir bandang di Leuwisadeng.

BOGOR-RADAR BOGOR, Bencana banjir bandang dan angin puting beliung di Kampung Paku, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, 24 April 2023 akibat hujan deras dengan intensitas tinggi, mengakibatkan sekitar 200 unit rumah terdampak dan 200 Kepala Keluarga mengungsi.

Baca Juga : Ultra Fast Charging SPKLU Hadir di PLN UP3 Bogor

PLN UP3 Bogor dalam hal ini PLN ULP Leuwiliang, langsung melakukan gerak cepat melakukan penyelamatan aset-aset milik PLN, termasuk memberikan bantuan bagi korban terdampak bencana. Bencana ini selain banjir bandang, juga disertai angin kencang dan puting beliung tidak hanya berdampak ke masyarakat tapi juga ke utilitas milik PLN.

Gardu milik PLN yang terdampak banjir bandang dilakukan pemadaman sementara, selain untuk pengamanan aset juga dilakukan demi keselamatan masyarakat. Dengan pemadaman, PLN meminimalkan bahaya sengatan listrik yang timbul akibat banjir.

Namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Selama kurang lebih 3 jam, petugas PLN berusaha untuk dapat memulihkan pasokan listrik dan berhasil dilakukan penormalan 100% dengan melakukan pengalihan aliran listrik ke sumber lain yang tidak terdampak bencana.

Manager ULP Leuwiliang, Setiadi, mengatakan bahwa petugas langsung gerak cepat untuk melakukan penormalan begitu situasi dikatakan aman untuk dilakukan perbaikan.

“Kami berusaha secepat mungkin untuk melakukan penormalan agar juga dapat memudahkan mobilisasi bantuan dengan adanya listrik yang menyala. Kami normalkan sementara dari sumber yang lain dikarenakan sumber atau feeder yang memasok ke lokasi bencana mengalami gangguan karena pohon roboh di beberapa titik, sehingga kami maksimalkan percepatan recovery agar padam meluas bisa kami minimalisasi.” jelasnya.

Baca Juga : PLN UPT Bogor Punya Srikandi Penjaga Pasokan Keandalan Listrik, Ini Sosoknya

Setiadi menambahkan, saat ini sebanyak 24.135 pelanggan terdampak sudah menyala dalam kurun waktu 3 jam. “Penormalan dapat cepat dilakukan selain karena kesigapan petugas PLN di lapangan juga karena adanya dukungan dari stakeholder yang lain sehingga bisa kami selesaikan dalam waktu singkat,” pungkasnya.

Selain penormalan kelistrikan, PLN dan YBM PLN UP3 Bogor juga memberikan bantuan kemanusiaan berupa sembako, popok bayi, susu untuk bayi dan anak, serta perlengkapan mandi. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban bagi korban banjir bandang untuk melewati masa pasca bencana ini. (*)

Editor : Yosep