25 radar bogor

PLN UPT Bogor Punya Srikandi Penjaga Pasokan Keandalan Listrik, Ini Sosoknya

PLN
Salah satu srikandi UPT Bogor bernama Lut Alfia Nur Nadia, telah empat tahun mengabdi di PLN

BOGOR-RADAR BOGOR, PT PLN (Persero) UPT Bogor memiliki sosok srikandi yang berperan besar dalam kegiatan menjaga pasokan keandalan kelistrikan.

Para srikandi ini sehari-hari bertugas untuk memastikan dan menjaga sistem transmisi aman dari gangguan dimana pekerjaan yang biasa dilakukan adalah pemeliharaan kelistrikan pada jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) serta penanganan anomali

Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, menjadi salah satu momen untuk para perempuan dapat membangkitkan semangat berkarya dan terus membangun generasi penerus bangsa. Salah satunya di bidang kelistrikan dimana perempuan pun bisa ikut langsung berperan serta dalam pekerjaan yang didominasi kaum laki-laki ini.

Baca Juga : SPKLU PLN di Jalur Mudik 2023, Catat Titik Pengisiannya

Salah satu srikandi UPT Bogor bernama Lut Alfia Nur Nadia, telah empat tahun mengabdi di PLN. Dia mengaku tertarik dengan bidang kelistrikan karena listrik sangat membantu memudahkan kehidupan masyarakat. Bagi dara berusia 27 tahun ini, bekerja di PLN menjadi salah satu pengabdian diri kepada negeri.

Batasan fisik tentu menjadi tantangan utama bagi Lut Afia sebagi perempuan, dimana pekerjaan ini melibatkan pekerjaan fisik yang berat termasuk diantaranya mengangkat peralatan Gardu Induk dan alat kerja yang dimensinya sangat besar.

Selain itu, Lut Afia harus siap sedia 24 jam terutama jika ada pekerjaan dalam kondisi darurat maupun pekerjaan yang dilakukan pada malam hari.

Lulusan D3 Elektro Politeknik Negeri Malang ini berharap semua perempuan yang bekerja di sektor kelistrikan mendapat dukungan yang kuat, kesempatan pengembangan dan lingkungan kerja yang aman serta nyaman.

“Menurut saya perempuan juga berhak mengembangkan potensi di bidang apapun dan mencapai kesuksesan dalam karir dan impian,” tutup Lut Alfia.

Dukungan untuk women empowerment ini juga tidak lepas dari peran lingkungan sekitar. Kesempatan yang sama diberikan untuk para srikandi PLN dapat berkarya sejajar dengan kaum laki-laki.

“Mewakili manajemen UPT Bogor, kami bangga dan berterimakasih kepada teman-teman srikandi PLN, yang sudah sangat membantu khususnya di tim pemeliharaan. Semoga kedepan para perempuan diluar sana mempunyai kesempatan yang sama dalam bekerja di bidang apapun” ucap Manajer Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Bogor, M. Lingga Pratama. (adv)

Editor : Yosep