25 radar bogor

Ultra Fast Charging SPKLU Hadir di PLN UP3 Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Kendaraan listrik saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain penggunaan kendaraan listrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan sejalan dengan program Pemerintah untuk mendukung target Net Zero Emission di tahun 2060.

Keuntungan lainnya yang didapatkan adalah hemat biaya operasional, bebas aturan ganjil genap, tidak bising, dan banyak keuntungan lainnya.

Dalam hal ini, PLN siap dalam mendukung transisi energi dengan mengoptimalkan infrastruktur ekosistem kendaraan listrik yaitu dengan penyediaan dan pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Di wilayah Bogor sendiri saat ini sudah tersedia 9 SPKLU dengan 1 Unit SPKLU berjenis Ultra Fast Charging (UFC).

SPKLU UFC ini memiliki beberapa keistimewaan yaitu mampu mengisi penuh mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt hour (kWh) hanya dalam waktu 30 menit saja dari posisi kosong.

Tak hanya itu, SPKLU dengan daya 200 kilo Watt (kW) ini juga dilengkapi dengan fitur Simultan Charger sehingga dapat mengisi 2 unit kendaraan secara bersamaan. Dengan fitur ini, distribusi beban listrik yang dialirkan secara dinamis kedua mobil yang sedang diisi dayanya.

Selain itu, SPKLU sudah menerapkan standardisasi IP (Ingress Protection) 55 yang membuat tahan air untuk semprotan dari segala arah, serta desain yang padat dan ergonomis mampu memberikan 96 persen efisiensi daya untuk penghematan energi. Belum lagi, tingkat keamanan yang terjamin dengan tersertifikasi IEC 61851 untuk pengendara mobil listrik.

SPKLU UFC saat ini tersedia di kantor PLN UP3 Bogor di Jalan Raya Pajajaran No. 233, Bantarjati, Bogor Utara. Di SPKLU UFC PLN UP3 Bogor tersedia 2 (dua) nozzle yang dapat dipakai secara bersamaan. Selain itu, SPKLU non UFC juga tersedia di :

  1. Kantor PLN ULP Cipayung, Jl. Raya Puncak, Megamendung, Bogor
  2. Kantor PLN ULP Bogor Kota / Prima Pakuan, Jl. Kapten Muslihat No. 2, Bogor
  3. Kantor PLN ULP Bogor Barat, Jl. Raya Kemang KM. 18, Bogor
  4. Kantor PLN ULP Leuwiliang, Jl. Raya Girimulya KM. 17, Cibungbulang, Bogor
  5. Kantor PLN ULP Jasinga, Jl. Raya Cigudeg No. 24, Bunar, Bogor
  6. Kantor PLN UP3 Bogor, Jl. Raya Pajajaran No. 233, Bantarjati, Bogor
  7. Kantor Balaikota Bogor, Jl. Ir. H. Juanda No. 10, Paledang, Bogor

Selain di titik tersebut, SPKLU juga sudah tersedia di lingkungan Istana Kepresidenan Bogor.

Fitur Electric Vehicle sudah tersedia dalam aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pemilik kendaraan listrik dapat langsung menemukan lokasi SPKLU terdekat dan juga melakukan transaksi pengisian baterai dalam satu genggaman saja. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile di PlayStore atau AppStore.(*/adv)

Editor: Imam Rahmanto