25 radar bogor

Heboh Pemulung Bogor Tajir Melintir, Bawa Uang Tunai hingga Cek Miliaran Rupiah

Uang tunai dan cek bernilai miliaran rupiah yang dibawa pemulung di Kota Bogor. (Radar Bogor/Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Seorang gelandangan diamankan petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor di bawah Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), Jalan Veteran, Kecamatan Bogor Tengah, Kamis (27/4).

Dari tas pinggang yang dia bawa, rupanya petugas mendapati banyak barang berharga miliknya, mulai dari sejumlah buku tabungan dari berbagai bank swasta, empat buah STNK, uang tunai, hingga cek yang berisi Rp1,3 miliar.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Puluhan Pengemis dan Gelandangan Ditertibkan

Adapun gelandangan yang kedapatan memiliki banyak aset ini diketahui bernama Tini (50). Dia diamankan petugas Dinas Sosial Kota Bogor pada Kamis (27/4). Dia saat itu sedang berada di bawah JPO Panaragan Kota Bogor.

Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin mengatakan, perempuan asal Kabupaten Bogor ini sebenarnya sudah beberapa kali dievakuasi oleh petugas.

Saat diamankan, petugas mendapati gelandangan tersebut membawa uang tunai senilai Rp1,8 juta, satu lembar cek senilai Rp 1,35 miliar, empat buah STNK, empat buku tabungan.

“Dan banyak surat-surat yang sudah expired. Baik itu surat perjanjian, dan sebagainya,” jelas Dody.

Menurut dia, sebelumnya petugas sendiri sebenarnya sudah pernah melakukan evakuasi perempuan tersebut sebanyak tiga kali, bahkan sudah sempat dikembalikan ke keluarganya. Namun, selalu kembali ke JPO Panaragan.

Setiap diamankan, Tini memang kerap membawa uang tunai bahkan pernah hingga belasan juta rupiah.

“Pertama, empat bulan kebelakang, informasinya membawa Rp 18 juta. Kemarin (kedua), bawa uang lagi Rp 8 juta. Terakhir (ketiga) bawa lagi Rp 1,8 juta,” terang Dody.

“Termasuk cek, nggak tahu sudah expired atau punya orang jatuh. Karena kan dia profesinya pemulung. Antara dia nemu di jalan, atau apa. (Cek) Itu dari salah satu bank swasta,” sambung dia.

Saat ini, petugas sudah melakukan assesment langsung oleh psikolog untuk memastikan kondisi kejiwaan perempuan tersebut.

Baca Juga: Tepergok Bawa Celurit, Pelajar Bogor Digelandang Polisi

“Hasil assesment ini dari pembicaraan tidak nyambung,” ucap dia.

Atas hal itu, Dinsos Kota Bogor membawa gelandangan tersebut ke RS Marzoeki Mahdi Bogor.

“Karena hasil dari psikolog ada indikasi ODGJ,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto