25 radar bogor

KPK OTT Bupati Kepulauan Meranti Riau, Amankan Uang Ratusan Juta

Bupati Kepulauan Meranti

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Muhammad Adil, terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Baca Juga : KPK Tepis Kabar Puluhan Penyidik dari Polri Mogok Kerja

Selain menangkap Adil, KPK juga turut mengamankan barang bukti uang dugaan suap yang diterima orang nomor satu di ‘Tanah Jantan’ itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil diduga memeras sejumlah pejabat operasi perangkat daerah (OPD) di pemerintahan yang dipimpinnya.

Sementara itu, dari barang bukti sementara, tim mengamankan duit senilai ratusan juta, yang diduga diterima Adil melalui orang kepercayaannya. “Barbuk sementara masih dihitung, baru ratusan juta,” tutur sumber JawaPos.com, Jumat (7/4/2023).

Sebelumnya, KPK membenarkan pihaknya melakukan OTT di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Salah satu yang ditangkap merupakan Bupati Kepualauan Meranti Muhammad Adi.

“Benar, tadi malam Kamis (6/4/2023) tim KPK berhasil lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti Riau,” ucap Ali. “Beberapa pihak sudah ditangkap di antaranya Bupati,” sambungnya.

Baca Juga : Mahasiswa UIKA Bogor Ancam Geruduk KPK Soal Kasus di Kabupaten Bogor

Ali menyampaikan, saat ini pihak-pihak yang diamankan termasuk Bupati Kepualauan Meranti Muhammad Adi sedang dalam pemeriksaan. KPK pun turut mengamankan alat bukti dalam operasi senyap itu.

KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk mengumumkan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan. “Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat,” pungkas Ali. (jpg)

Editor : Yosep