25 radar bogor

Biar Puasa Ramadan Tetap Bugar dan Tidak Ngantuk, Ikuti Tips Ini

Jadwal salat, buka puasa dan imsakiyah
Jadwal salat, buka puasa dan imsakiyah

RADAR BOGORTubuh yang terasa lemas hingga rasa kantuk yang tak tertahankan pada saat beraktivitas, memang menjadi salah satu tantangan saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Baca Juga : Saat Sahur Hindari Banyak Makan Makanan Ini, Puasa Jadi Cepat Lapar

Tapi, bukan berarti menjadi alasan untuk bermalas-malasan.  Salah satu cara agar tidak mengantuk dan tubuh tetap fit saat menjalankan aktivitas selama Ramadan adalah dengan menerapkan gaya hidup holistic wellness.

Diungkapkan Alfia Wardah selaku Vice President of Business Innovation & Development ParagonCorp, gaya hidup holistic wellness sebenarnya selaras dengan tujuan dari puasa Ramadan. Yaitu mencapai keseimbangan tubuh, emosi, pikiran, dan energi di dalam diri.

“Dengan menjalankan gaya hidup kesehatan holistik yang bermakna sehat secara menyeluruh, diharapkan tubuh bisa tetap terjaga fit sehingga ibadah dapat lebih dijalankan dengan lebih optimal dan aktivitas sehari-hari pun menjadi tidak terganggu meski sedang berpuasa,” ujarnya baru-baru ini.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan agar tidak mudah mengantuk dan bugar?

Jangan tinggalkan sahur

Agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Sebab, menjalankan puasa tanpa sahur dapat menyebabkan kadar gula darah pada tubuh menjadi semakin rendah sehingga jadi lebih mudah mengantuk.

Usahakan untuk sahur dengan gizi seimbang. Misalnya daging, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, serta sumber protein lainnya yang cenderung lambat dicerna oleh tubuh.

Olahraga rutin

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga ringan sangat dianjurkan selama menjalankan puasa Ramadan. Dengan demikian, tubuh lebih bugar dan tak mudah mengantuk.

Beberapa jenis olahraga yang dilakukan selama Ramadan seperti berjalan kaki atau bersepeda santai dengan durasi 30 menit sebanyak 3-5 kali seminggu setelah sahur.

Cukupi kebutuhan cairan pada tubuh

Cobalah penuhi kebutuhan air minum 2-3 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas sehari. Sebab, rasa kantuk saat berpuasa memang sulit terhindarkan karena tubuh mengalami kekurangan. Untuk mensiasati kecukupan minum, bisa buat jadwal minum. Yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Perlu diperhatikan, hindari konsumsi minuman seperti kopi dan soda di antara waktu berbuka dan sahur karena justru dapat membuat tubuh lemas dan semakin mengantuk ketika berpuasa. Sebagai gantinya, konsumsi Beyondly Fitclair Collagen Drink sebelum tidur dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan segar.

Tidur cukup

Pastikan jangan sampai waktu tidur selama bulan Ramadan menjadi kurang dari 4 jam setiap harinya. Buatlah suasana kamar menjadi nyaman untuk tidur dengan mengatur penerangan yang lebih redup serta suhu ruangan menjadi lebih sejuk setiap sebelum tidur.  Selain itu, minyak esensial sebelum tidur untuk tidur yang lebih nyenyak dan mendapatkan pengalaman tidur yang lebih berkualitas.

Baca Juga : Sehat Ramadan, Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Buah

Hindari makan terlalu banyak

Hindari makan terlalu banyak baik ketika berbuka karena justru membuat tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk. Untuk menjaga makan agar tak berlebihan ketika berbuka, diffuse Beyondly Ignite Up Blend Essential Oil dengan kandungan Clove Bud, Lemon, Cinnamon Bark, Peppermint, dan Nutmeg Essential Oil 30 menit sebelum berbuka puasa. (jpg)

Editor : Yosep