25 radar bogor

Saat Sahur Hindari Banyak Makan Makanan Ini, Puasa Jadi Cepat Lapar

Ilustrasi Sahur
Ilustrasi Sahur

RADAR BOGOR Makan sebanyak-banyaknya saat sahur di Bulan Ramadan, ternyata tak serta-merta membuat tubuh jadi semakin lama menahan lapar.

Baca Juga : Sehat Ramadan, Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Buah

Menurut Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari, jika ingin tubuh tak cepat merasakan lapar saat puasa, yang penting dilakukan adalah memakan makanan yang lengkap nutrisinya untuk tubuh saat sahur.

“Jadi harus ada nutrisi makronya, karbohidrat, protein, vitaminnya ada, mineralnya ada,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (29/3/2023).

Lantas, mengapa orang-orang lebih merasa cepat lapar saat berpuasa? Menurut Aria, hal itu lantaran orang-orang terbiasa sahur hanya dengan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, maupun mi instan.

“Makanya dicerna sama badan kita itu akan mudah sekali. Karena mudah, ketersediaan energi kita cepat ada di jam jam tertentu,” terangnya.

“Jadi idealnya tuh karbohidrat dicerna tubuh kita 2-3 jam. Jadi kalau misalnya 2-3 jam kita ngerasa lapar, bisa jadi kita kebanyakan makan karbohidrat, karbohidrat sederhana,” imbuh Aria.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar saat sahur, konsumsilah makanan dan minuman yang dibutuhkan tubuh, seperti protein dan makanan yang banyak serat.

Baca Juga : Selama Ramadan, Pesanan Kolang-Kaling di Desa Puraseda

“Air jangan lupa. Gak cuma air yang diminum, sayur yang ada kuahnya, itu membantu. Sahur makan buah-buahan yang tinggi cairan entah itu jeruk, semangka, dia bisa memenuhi kebutuhan cairan juga,” urai Aria.

“Karena idealnya cairan sehari itu dipenuhi sekitar 70 atau 80 persennya itu dari air minum, sisanya dari makanan,” tandasnya. (jpg)

Editor : Yosep