25 radar bogor

Marak Pengemis Musiman di Kota Bogor, Warga Diimbau Tak Beri Uang

Pengemis Musiman
Pengemis musiman di JPO Baranangsiang. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Momen Bulan Ramadan dimanfaatkan segelintir orang untuk mengemis di jalan. Hal ini pun membuat fenomena pengemis musiman bermunculan di Kota Bogor.

Baca Juga : Pemudik di Terminal Baranangsiang Diprediksi Naik 30 Persen

Merespons kondisi itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Dody Wahyudi mengimbau masyarakat untuk tidak memberikan uang atau bersedekah kepada anak jalanan, gelandangan, dan pengemis di jalan. Ia menilai, hal tersebut akan memancing para pengemis musiman untuk selalu datang ke Kota Bogor.

“Bersedekah di lampu merah sangat berpengaruh pada keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Itu juga akan memancing pengemis datang,” tuturnya pada Senin (27/3/2023).

Dody menuturkan, pihaknya juga senantiasa bersosialisasi  pada pengemis, anak jalanan, dan gelandangan serta berkoordinasi dengan tim tangkas untuk mengantisipasi maraknya fenomena pengemis musiman.

Tim tangkas akan menyisir tempat-tempat yang menjadi titik berkumpulnya para pengemis musiman. Pantauan Radar Bogor menunjukkan, pengemis musiman banyak mangkal di Jembatan Ceger dan Jalan Sinangling Padi Ramp, Kecamatan Bogor Utara, serta Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur.

“Selain itu kami juga berkoordinasi dengan warga, kelurahan dan kecamatan untuk memantau wilayahnya. Karena beberapa minggu terakhir kami mengindikasi ada tindakan penelantaran Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dari luar wilayah Kota Bogor yang dibuang di Kota Bogor. Karena ini akan menjadi masalah baru,” ucapnya.

Baca Juga : Sopir Diduga Ngantuk, Truk Bermuatan Batu Terguling di Batutulis

Selain pengemis musiman, dirinya juga menyoroti para pengamen badut yang juga semakin menjamur. Ia melihat penampilan badut yang kotor dan kumuh bertolak belakang dari sisi tata kota dan akan merusak muka Kota Bogor.

Oleh karena itu, pihaknya membuka diri akan menerima dan menyalurkan bantuan dari masyarakat atau pihak swasta. Bantuan tersebut nantinya akan diberikan kepada warga yang membutuhkan sehingga tepat sasaran. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep